Sukses

Ganjar Sowan ke Ulama Karismatik Banjarmasin: Beliau Ajarkan Nilai Kebaikan

Ganjar menjelaskan ulama kharismatik Banjarmasin yang merupakan Guru Banjar Indah juga memberikan petuah soal relasi sosial. Selain itu, kata Ganjar, KH Syaifuddin pun memberikan nilai-nilai keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyambangi kediaman Tuan Guru KH Syaifuddin Zuhri di Majelis Taklim Bani Ismail, Jalan Raya Banjar Indah Permai Pemurus Dalam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) disela kunjungan kerjanya. 

Dalam kesempatan itu, Ganjar yang mengenakan koko putih dengan kopiah hitam berbincang hangat bersama KH Syaifuddin. Keduanya juga menyempatkan makan Soto Banjar bersama. 

Ganjar mengatakan, KH Syaifuddin  memberikan banyak pelajaran berharga sebagai orangtua dan guru. Salah satunya adalah nilai-nilai kebaikan. 

"Tentu saja sebagai orang tua, sebagai guru, beliau mengajarkan kebaikan-kebaikan. Adanya sejuk, enak, nyaman," kata Ganjar saat ditemui usai sowan di lokasi, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan ulama kharismatik Banjarmasin yang merupakan Guru Banjar Indah juga memberikan petuah soal relasi sosial. Selain itu, kata Ganjar, KH Syaifuddin pun memberikan nilai-nilai keagamaan. 

"Ternyata bapak beliau tentara. Jadi ada disiplin yang sangat luar biasa dari beliau dan kelihatan kalau beliau ini berilmu, ngajinya juga di banyak tempat," katanya.

Ganjar mengatakan, ada banyak hal yang bisa dipetik dari apa yang KH Syaifuddin ajarkan. Yakni soal toleransi dan saling menghargai antar masyarakat.

"Mestinya dicarikan sesuatu yang sama dari irisan-irisan yang berbeda-beda. Jadi bukan berbicara yang berbedanya," kata Ganjar. 

"Tapi irisan yang sama yang kemudian dipakai dalam satu pegangan dalam hubungan sosial. Maka Insyaallah itu akan menjadi lebih enak," sambungnya. 

Dalam kunjungan kerja ke Kalsel, Ganjar dijadwalkan menghadiri pembukaan kompetisi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional 2022. Adapun sebelumnya, Ganjar telah menyemangati kafilah MTQ Nasional 2022 dari Jateng untuk berkompetisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangati Delegasi Jateng

Sebelumnya Ganjar mengunjungi Basecamp Kafilah dari Jateng untuk kompetisi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional 2022 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ganjar menjelaskan, kedatangannya untuk menyemangati anak-anak dari Jateng yang akan mengikuti perlombaan mengaji berskala nasional yang bertemakan 'Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat' itu.

"Kita datang untuk memberikan semangat pada mereka kontingen dari Jawa Tengah ini," kata Ganjar di lokasi, Selasa, 11 Oktober 2022.

Sebanyak 129 orang kafilah diterbangkan dari Jateng ke Kalsel untuk mengikuti gelaran MTQ Nasional 2022. Mereka mulai berangkat ke Kalsel sejak Minggu, 9 Oktober 2022 lalu sampai Rabu, hari ini.

Di hadapan para kafilah, Ganjar bercengkrama dengan anak-anak penghafal Qur'an tersebut. Dia  mengaku kagum dengan mereka karena telah membangun kepercayaan diri sejak kecil.

"Tadi sempat berdialog dengan mereka setidaknya mereka tenang dulu perasaannya. Ada anak-anak yang dari madrasah, dari SD, dan tentu saja mereka pasti harus berangkat sendiri membangun kepercayaan diri," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ganjar mengingatkan anak-anak untuk meminta restu orang tua. Menurut Ganjar, orang tua selalu bisa memberikan semangat yang luar biasa untuk anak-anaknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.