Sukses

Ikut Semarakkan, Yuk Buat Twibbon HUT ke-77 TNI

Bagi yang tidak bisa ikut merayakan langsung di halaman Istana Merdeka Jakarta, kamu bisa membuat Twibbon HUT ke-77 TNI.

Liputan6.com, Jakarta - HUT ke-77 TNI jatuh pada hari ini, Rabu (5/10/2022). Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia atau HUT ke-77 TNI digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun menjadi Inspektur Upacara. Jokowi juga nampak didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. Upacara diawali dengan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dalam perayaan HUT ke-77 ini, alutsista milik TNI juga dipajang di depan halaman Istana Merdeka. Adapun masyarakat diberi kesempatan untuk melihat beberapa kendaraa tempur terbaru milik TNI.

Namun, bagi yang tidak bisa ikut merayakan langsung di halaman Istana Merdeka Jakarta, kamu bisa membuat Twibbon HUT ke-77 TNI. Lantas, apakah Twibbon?

Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

Bingkai tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Untuk membuat Twibbon HUT ke-77 TNI pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Twibbon HUT ke-77 TNI

Berikut link Twibbon HUT ke-77 TNI yang dihimpun Liputan6.com dari laman Twibbonize.com:

1. twb.nz/huttnike77beritapembaruan

2. twb.nz/huttni77dinkes

3. twb.nz/huttni2022-ynci

4. twb.nz/dirgahayutnikritld

5. twb.nz/huttnipshtjepara

6. twb.nz/huttniynci2022

7. twb.nz/huttnidefendid

8. twb.nz/huttni-2022

9. twb.nz/huttni77umkmmekarjaya

10. twb.nz/huttni27

11. twb.nz/satgashuttni77

12. twb.nz/mestni77

13. twb.nz/kimhuttni77

14. twb.nz/sdmudasurabayahuttni77

15. twb.nz/tnidsn

16. twb.nz/rsanhuttni77

17. twb.nz/kbksbpdjabarhuttni

18. twb.nz/tnitkmpjaya

19. twb.nz/huttni77ok

20. twb.nz/hutke77tnii

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022) Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, dan Ma'ruf tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.55 WIB. Kolonel Laut (PM) Moh. Erwin Kasirun bertugas sebagai Komandan Upacara. Dia merupakan lulusan TNI Angkatan Laut (AL) tahun 1998.

Sementara itu, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai Perwira Upacara. Lulusan Akademi Militer tahun 1993 itu saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Upacara diawali dengan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dalam perayaan HUT ke-77 ini, alutsista milik TNI juga dipajang di depan halaman Istana Merdeka. Adapun masyarakat diberi kesempatan untuk melihat beberapa kendaraa tempur terbaru milik TNI.

 

4 dari 4 halaman

Sejumlah Alutsista Dipamerkan

Sejumlah alutsista yang dipajang antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer, dan Radar MCP Mistral.

Selanjutnya, Oerlikon Skyshield milik Kopasgat TNI AU buatan Swiss, hingga MLRS RM 70 Vampire yang biasa digunakan Marinir TNI AL.

Kepala Staf Umum TNI, Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, menjelaskan bahwa ini bukan kali pertama HUT TNI digelar di Istana. Menurutnya, ada banyak pertimbangan sebelum Istana diputuskan menjadi tempat upacara HUT TNI tahun ini.

"Tahun lalu kembali lagi juga kita laksanakan di Istana, tahun ini melakukan di Istana, ini juga menjadi banyak hal pertimbangan, tapi pada intinya Bapak Presiden ingin menyaksikan secara lebih dekat kalau dilaksanakan di Istana. Tapi intinya bukan tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga sudah kita lakukan," ujar Eko, Jumat 30 September 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.