Sukses

Jelang HUT ke-77 TNI, 63 Kendaraan Tempur Dipamerkan di Depan Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI akan digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, besok Rabu 5 Oktober 2022.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 14.30 WIB, Selasa (4/10/2022), sejumlah kendaraan alutsista dari tiga matra TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara) telah dipamerkan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dari depan Mabes TNI AD hingga Istana Merdeka.

Sebanyak 63 kendaraan tempur dari tiga matra TNI dengan berbagai jenis mulai dari Komodo, Bushmaster hingga P6 dipamerkan di jalan tersebut.

Selain itu, sejumlah personel TNI sedang menyemir dan mengecat bagian badan dan ban kendaraan agar tampak mengkilat.

Terlihat sejumlah masyarakat berdatangan untuk melihat dan berfoto di sekitar kendaraan tempur yang dipamerkan.

Masyarakat diperbolehkan untuk berswafoto dan menaiki kendaraan yang dipamerkan ini. Namun, dengan syarat tak menyentuh maupun menekan tombol yang kendaraan.

Berdasarkan informasi yang Liputan6.com himpun di lokasi, rencananya 66 kendaraaan melakukan defile menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) usai upacara peringatan HUT TNI di Istana Merdeka digelar.

Setelah melakukan iring-iringan, kendaraan alutsista bakal kembali dipamerkan di kawasan Bundaran HI.

Selain menampilkan alutsista di sepanjang Jalan Medan Merdeka, TNI AU akan menampilkan Trimarta Flight dalam peringatan HUT TNI ke-76 besok.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Jokowi Jadi Irup

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI akan digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-77 TNI.

"Upacara HUT TNI tahun ini akan diselenggarakan di lapangan Istana Merdeka yang biasanya juga digunakan untuk perayaan HUT RI," kata Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/9/2022).

"Rangkaian kegiatannya adalah upacara seperti biasa, dimana Irup-nya direncanakan Bapak Presiden RI," sambungnya.

Kendati bukan kali pertama, dia mengatakan bahwa banyak pertimbangan hingga akhirnya HUT TNI digelar di Istana Kepresidenan Jakarta. Namun Jokowi ingin melihat lebih pelaksanaan HUT ke-77 TNI sehingga diputuskan dilaksanakan di Istana.

"Ini juga banyak hal pertimbangan, tapi pada intinya Pak Presiden ingin menyaksikan secara lebih dekat kalau dilaksanakan di Istana. Tapi intinya bukan tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga sudah dilakukan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Atraksi

Dalam perayaan HUT ke-77 TNI, kata dia, Presiden Jokowi akan menyaksikan beberapa atraksi pesawat TNI Angkatan Udara. Nantinya, ada atraksi fly pass pesawat F-16, helikopter membawa giant flag, hingga acrobatic dari jupiter.

"Setelah itu bapak presiden akan melakukan video conference yang bertugas di empat tempat," ucap Eko.

Setelah itu, Jokowi akan melihat beberapa kendaraan tempur terbaru milik TNI yang dipajang di depan Istana Merdeka. Kemudian, Jokowi akan menerima devile pasukan dan alutsista.

"Ini yang kami juga perlu jelaskan ke masyarakat supaya nanti memaklumi. berkaitan dengan devile ranpur ini akan bergerak dari depan Istana menuju Bundaran HI," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.