Sukses

Finish Friendship Run di Istana Maimun, Ganjar Terima Kain Ulos dari Penggemar

Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Minggu (25/9/2022) mendapatkan antusiasme warga yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Minggu (25/9/2022) mendapatkan antusiasme warga yang luar biasa. Sekitar seribu peserta ikut berlari di pagi yang ditemani gerimis tipis, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sang istri, Siti Atikoh.

Ganjar Pranowo tersenyum lebar sembari mengangkat kain ulos dari penggemar saat memasuki garis finish. Penggemar itu adalah Eryza Wilmana, warga Deli Serdang yang datang bersama ibunya Ernani. Keluarga besarnya memang mengidolakan Ganjar sehingga rela datang dari Deli Serdang.

"Kami tahu Pak Ganjar ikut lari makanya kita ke sini," kata Eryza Wilmana.

"Jadi tadi saya yang kasih Ulos Pak Ganjar, ibu saya mengalungkan Ulos ke Ibu Atikoh. Ini bentuk cinta dan hormat kami pada beliau berdua," tambah Eryza.

Keikutsertaan Ganjar dalam gelaran Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon di kota ketiga, setelah dihelat di Semarang 21 Agustus dan Jakarta 11 September ini menarik perhatian banyak warga lokal yang datang pagi-pagi sekali. Ratusan warga berkerumun di dekat pintu masuk Istana Maimun. Salah satunya adalah Eryza Wilmana yang memberikan kain ulos kepada Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kostum Unik Para Peserta Run

Di Kota Medan penuh dengan keseruan, karena rutenya melintasi sejumlah ikon kota. Selain itu, beberapa peserta juga mengenakan kostum unik, dari pakaian adat, kostum pengantin, spiderman, busana adat Arab, hingga tokoh wayang.

"Sekarang mau kita rayakan bersama masyarakat. Dan kita datang di Semarang waktu itu, terus kemudian di Jakarta dan hari ini di Medan berikutnya di Makassar," ujar Ganjar Pranowo usai acara.

Di Medan, baginya sangat menarik karena sempat gerimis di awal acara. Namun, antusias masyarakat luar biasa.

"Antusiasnya luar biasa, sambutannya luar biasa khususnya para runner ini saya harus minta maaf karena mereka kepingin sekali lari tapi rupa-rupanya tidak terlalu beruntung karena tiketnya sudah habis. Maka, kita coba jamu mereka dengan cara kita hadir di Kota Medan. Terima kasih Pak Walikota (Bobby Nasution) yang memfasilitasi dengan sangat bagus di Kesultanan Maimun ini indah sekali," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pameran Produk UMKM Jawa Tengah

Dalam kesempatan itu, sejumlah produk UMKM Jawa Tengah dipamerkan. Mulai dari kuliner, kriya hingga fashion.

"UMKM kita pamerkan ada kriya, kuliner fashion, bisa dikenalkan produk-produk dari Jawa Tengah," ucap Ganjar.

Politikus berambut putih itu berharap bisa menjalin kerjasama lebih lanjut. "Kita bisa kerjasama. Mudah-mudahan masyarakat Sumatera Utara dan Medan bisa ikut ke Borobudur Marathon lari bareng saya," terangnya.

Sementara itu, Pangeran Watanida seorang peserta lari mengaku bahwa ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Bahkan, ia sendiri mengenakan kostum adat Arab untuk ikut lari.

"Iya tadi habis sholat subuh langsung ikut ke sini dan karena hujan saya pakai penutup kepala (mirip ikat kepala adat Arab). Tadi seru dan saya disapa Pak Ganjar Assalamualaikum, katanya," tandas Pangeran.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini