Sukses

Ma'ruf Amin ke Jepang Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Ma'ruf Amin akan menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe di Nippon Budokan pada Selasa 27 September 2022, pukul 14.00 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Ma'ruf Amin dengan didampingi Wury Estu Handayani dan rombongan terbatas lepas landas pukul 08.25 WIB dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ2/A-001 menuju Bandara Internasional Haneda Tokyo, Minggu (25/9/2022).

Turut melepas keberangkatan Ma'ruf Amin di Bandara Halim Perdanakusuma ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta. Demikian dilansir dari Antara.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam 20 menit, Wapres dijadwalkan tiba di Haneda pukul 18.00 waktu setempat.

Setibanya di Jepang, Ma'ruf Amin akan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi dan Atase Pertahanan RI di Tokyo Kol (AF) Andi Nur Abadi.

Pada Senin 26 September 2022, Ma'ruf Amin diagendakan melakukan courtesy call dengan PM Jepang Kishida Fumio di Istana Akasaka. Pada pertemuan itu, Ma'ruf dan Kishida akan membahas sejumlah isu strategis antara Indonesia dan Jepang.

Pada Selasa 27 September 2022, pukul 14.00 waktu setempat, Ma'ruf Amin dan Wury menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe di Nippon Budokan. Shinzo Abe meninggal dunia 8 Juli 2022 setelah ditembak oleh seorang pria saat menyampaikan pidato kampanye di Nara, Jepang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agenda Selanjutnya

Usai menghadiri prosesi pemakaman Shinzo Abe, pukul 18.13 waktu setempat, Ma'ruf Amin diagendakan menghadiri Greeting Occasion dengan Kishida Fumio di Istana Akasaka.

Selanjutnya, pada Rabu 28 September, Ma'ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan ke Jepang ialah Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Vernando Wanggai, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.

3 dari 4 halaman

Protes Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe, Pria Bakar Diri Lukai Polisi

Seorang pria di Jepang membakar diri, sebagai protes nyata pada pemakaman kenegaraan Shinzo Abe yang akan datang.

Mengutip AFP, pria itu membakar diri di dekat kantor perdana menteri Jepang pada Rabu (21/9/2022). Protes nyata atas keputusan pemerintah untuk mengadakan pemakaman kenegaraan bagi mantan perdana menteri (PM) Shinzo Abe, yang dibunuh awal tahun ini, TV Asahi melaporkan.

Pria itu dibawa ke rumah sakit karena menderita luka bakar di sekujur tubuhnya, sementara seorang polisi yang berusaha memadamkan api juga terluka.

Pria itu diidentifikasi berusia 70-an, tidak sadarkan diri ketika pertama kali ditemukan tetapi kemudian mengatakan kepada polisi bahwa dia sengaja menyiram dirinya dengan minyak, lapor Asahi.

Sebuah surat tentang pemakaman Shinzo Abe, pemakaman kenegaraan, dan kata-kata "Saya sangat menentangnya," ditemukan di dekatnya.

Polisi menolak untuk mengkonfirmasi insiden tersebut, yang terjadi pada hari ulang tahun Abe yang ke-68.

Abe, PM terlama di Jepang, ditembak mati pada rapat umum kampanye pada 8 Juli. Pemakaman kenegaraannya dijadwalkan pada 27 September, dengan sekitar 6.000 orang dari Jepang dan luar negeri akan ambil bagian.

Penentangan terhadap acara tersebut telah berkembang karena pengungkapan setelah pembunuhan Shinzo Abe atas hubungan antara Partai Demokrat Liberal (LDP), di mana ia disebutkan sebagai anggota berpengaruh, dan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Tersangka penembak Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami, mengatakan gereja telah membuat bangkrut ibunya dan dia merasa mantan PM itu mendukungnya.

4 dari 4 halaman

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Bakal Telan Biaya Rp 178 M Picu Kontroversi

Jepang memperkirakan akan menghabiskan sekitar 1,7 miliar yen sekitar Rp 178 miliar untuk pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Shinzo Abe yang terbunuh, kata pemerintah Selasa (6/9/2022), meskipun ada kontroversi mengenai rencana tersebut. Kurs 1 yen = Rp 105,06.

Shinzo Abe ditembak mati saat berkampanye pada bulan Juli, dan pemerintah memperkirakan puluhan kepala negara saat ini dan mantan pemimpin memberikan belasungkawa pada upacara pemakaman kenegaraan yang digelar27 September di Tokyo.

Tapi jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan sekitar setengah dari warga Jepang yang ikut polling menentang acara yang didanai publik itu.

"Keamanan diperkirakan menelan biaya sekitar 800 juta yen, dengan 600 juta yen lagi akan dihabiskan untuk menjadi tuan rumah dan 250 juta yen untuk upacara," kata juru bicara pemerintah Jepang Hirozaku Matsuno pada hari Selasa.

"Delegasi lebih dari 190 perwakilan asing (negara dan wilayah) kemungkinan akan berpartisipasi," katanya kepada wartawan pada briefing reguler.

Pemakaman kenegaraan Shinzo Abe akan diadakan di Nippon Budokan Tokyo, tempat yang digunakan untuk konser dan acara olahraga yang juga menjadi tuan rumah pemakaman kenegaraan terakhir Jepang untuk mantan perdana menteri pada tahun 1967.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan pencapaian domestik dan internasional Abe, perdana menteri terlama di negara itu, membuat upacara kenegaraan tepat.

Tetapi pemakaman kenegaraan untuk mantan politikus jarang terjadi di Jepang, dan jajak pendapat akhir pekan yang diterbitkan Senin oleh surat kabar Yomiuri Shimbun menemukan bahwa 56 persen suara menentang acara tersebut, sedangkan 38 persen mendukung.

Jajak pendapat lain baru-baru ini menunjukkan tingkat oposisi yang sama, dan Kishida mengatakan dia siap untuk menjawab pertanyaan tentang masalah ini di parlemen.

Peringkat persetujuan pemerintahnya telah terpukul dalam beberapa pekan terakhir, sebagian karena keputusan pemakaman.

Beberapa penentang menentang pengeluaran uang publik untuk sebuah acara yang menghormati seorang politikus, sementara yang lain berpikir pemakaman kenegaraan secara efektif memaksa berkabung publik atau meminimalkan pandangan nasionalis Abe dan dugaan hubungan dengan kronisme.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.