Sukses

Jokowi Jadi Presiden Kedua Setelah Sukarno yang Sambangi Kepulauan Tanimbar

Jokowi menyapa para pedagang pasar dan mengingatkan agar bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima digunakan untuk menambah modal usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut antusias oleh ribuan warga saat mengunjungi Pasar Olilit yang berada di Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Jumat (2/9/2022).

Menjelang tiba di pasar, ribuan warga menyambut kedatangan Jokowi dan Iriana. Sebelum memasuki pasar, Jokowi dan Iriana menyapa, berfoto, membagikan kaos, buku, dan masker kepada warga.

"Pak Jokowi… Pak Jokowi," teriak warga sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

Jokowi dan Iriana pun membalasnya dengan melambaikan tangan dan senyuman.

Saat memasuki pasar, Jokowi menyapa para pedagang pasar dan mengingatkan agar bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima digunakan untuk menambah modal usaha.

"Untuk pedagang kaki lima, untuk pedagang-pedagang pasar yang kita harapkan dengan modal kerja yang lebih baik dan omset dagangannya meningkat," jelas Jokowi

Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia terakhir yang mengunjungi Kepulauan Tanimbar adalah Presiden Soekarno pada tahun 1958. Sehingga, para warga sangat antusias menyambut kunjungan Jokowi.

"Tentunya masyarakat bergembira, senang, dan antusias menyambut Presiden Jokowi, mengingat kunjungan terakhir Presiden ke Tanimbar adalah Presiden Sukarno tahun 1958," kata Daniel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Warga Menyambut

Dari Pasar Olilit, Jokowi dan Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju kantor pos. Namun karena banyaknya warga yang menyambut Presiden, jarak 1,3 km ditempuh dalam waktu 30 menit.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Tampak juga hadir Gubernur Maluku Murad Ismail beserta istri, Pangdam XVI Pattimura Mayor Jenderal TNI Ruruh Aris Setyawibawa, serta Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

3 dari 4 halaman

Jokowi akan Bagikan Bansos dan Tinjau Optimalisasi SPAM di Kepulauan Tanimbar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Jumat (2/9/2022).

Jokowi akan mengawali kunjungannya dengan menyapa pedagang sekaligus menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Pasar Olilit.

Bantuan sosial yang diberikan berupa bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT). Selain itu, Jokowi juga akan menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa BLT bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat di Kantor Pos Saumlaki.

Selanjutnya, dia diagendakan untuk meninjau optimalisasi sistem penyediaan air minum (SPAM) Wermomolin di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pada sore harinya, Jokowi dan Iriana dijadwalkan lepas landas menggunakan Pesawat Khusus RJ-85 menuju Kota Ambon, Provinsi Maluku.

4 dari 4 halaman

Lanjutkan Perjalanan ke Lampung

Dia akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Lampung melalui Bandar Udara Internasional Pattimura, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam kunjungan kerja ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.