Sukses

Momen Jokowi Lihat Langsung Proses Penambangan Bawah Tanah di Mimika Papua

Presiden Jokowi dan rombongan melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah di Grasberg Block Cave (GBC) Underground, Kabupaten Mimika, Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah yang terletak di Grasberg Block Cave (GBC) underground, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022). Jokowi dan rombongan tiba di lokasi pukul 11.15 WIT.

Sebelum menuju lokasi penambangan, Jokowi bersama rombongan mendengarkan penjelasan tentang pengerjaan pertambangan bawah tanah yang disampaikan oleh Senior Vice President Underground PT Freeport Indonesia Hengki Rumbink.

Untuk menuju lokasi penambangan, Jokowi dan Iriana harus menaiki elevator shaft yang bisa menampung 300 orang.

"Shaft ini bisa mengangkut beban hingga 38 ton dan mencapai ketinggian 225 meter dengan waktu tempuh kurang dari 1 menit," kata Hengki dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Dari sini, Jokowi dan Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta khusus dengan menempuh jarak 400 meter.

Setelah turun dari kereta, Jokowi kemudian berjalan kaki menuju GBC Unloading Station untuk menyaksikan proses bongkar muat hasil tambang dari kereta listrik tanpa awak.

Setelah berada di sana selama hampir satu jam, Jokowi dan Iriana meninggalkan GBC underground menuju Tera Shop, Kabupaten Mimika, Papua untuk menghadiri peluncuran teknologi 5G mining.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Tampak pula Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Kagumi Rumah Ibadah di Bawah Tanah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi rumah ibadah yang berada di bawah tanah di Papua, Kamis (1/9/2022). Hal itu dilakukan Jokowi saat dalam perjalanan menuju pertambangan bawah tanah.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi singgah di Deep Mill Level Zone (DMLZ) Underground, Kabupaten Mimika, Papua. Di tempat itulah terdapat Masjid Al Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Jokowi dan Iriana mengagumi rumah ibadah yang bukan saja unik, namun mencerminkan sebuah toleransi yang sangat tinggi.

Usai kunjungan singkat itu, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Grasberg Block Cave (GBC) Underground, Kabupaten Mimika, Papua untuk melihat langsung pertambangan bawah tanah.

Dalam kunjungan ke Mimika, Jokowi dan Iriama meninjau Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika Papua, Kamis, pukul 08.15 WIT. Adapun Jokowi dan Iriana menempuh perjalanan dengan kendaraan roda empat, untuk tiba di Grasberg.

Di Grasberg, Jokowi dan Iriana didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken. Jokowi mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.