Sukses

BPBD DKI Beri Layanan Pendampingan Psikososial untuk Korban Kebakaran Simprug

BPBD DKI Jakarta memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk anak dan dewasa korban terdampak kebakaran di Jl. Simprug Golf II, Kel. Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - BPBD DKI Jakarta memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk anak dan dewasa korban terdampak kebakaran di Jl. Simprug Golf II, Kel. Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"LDP diberikan untuk mengembalikan kesehatan mental atau psikologis bagi penyintas di wilayah yang terdampak kebakaran," kata Kepala BPBD DKI Jakarya Isnawa Adji melalui rilis resminya pada Jumat (26/8/2022).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD DKI M. Ridwan dan didampingi oleh Subkoordinator Urusan Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BPBD DKI.

"Kegiatan yang dilaksanakan antara lain bermain, bernyanyi, dan memberikan makanan, mainan serta boneka untuk anak-anak. Selain itu juga dilakukan pendampingan psikologis dan metode relaksasi bagi penyintas dewasa, kelompok rentan, dan lanjut usia," kata Isnawa.

LDP ini telah dilaksanakan sejak Selasa 23 Agustus kemarin hingga Jumat 26 Agustus 2022 dan merupakan hasil kolaborasi Tim LDP BPBD DKI dengan Dinas Sosial, DPPAPP, PMI, dan Pelopor Perdamaian Kemensos.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka loket layanan bagi warga korban kebakaran di Simprug Golf, Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Loket tersebut berada di dalam Simprug Golf, lokasi kebakaran terjadi.

“Kami melakukan pelayanan jemput bola ke lokasi tersebut. Lokasinya di sekitar situ, di dalam, di lokasi kebakaran. Kami koordinasi dengan RT di sana,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin ketika dihubungi oleh Wartawan, Selasa 23 Agustus 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Korban Meninggal

Soal korban jiwa dan luka, Andi mengaku masih mencari konfirmasi perihal tersebut. Namun sementara ini, dia mendapat kabar jika satu orang dikatakan meninggal dunia akibat serangan jantung karena mendengar kabar ada kebakaran yang tidak jauh dari rumahnya.

“Ya nanti kita kroscek lagi ya,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran dikabarkan meninggal dunia. Warga tersebut diketahui bernama Nanang yang tinggal di RT 09.

“Pak Nanang meninggal, dari RT 09. Kaget denger kebakaran, kena jantungnya,” kata Wasma, tetangga dari Almarhum Nanang yang diwawancarai di lokasi sekitar tempat kebakaran, Minggu 21 Agustus 2022.

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.