Sukses

Data KPU: Abraham Samad Tak Pernah Jadi Caleg PKS

Nama Abraham Samad tidak tercantum sebagai calon anggota legislatif dari PKS tahun 2004. Tapi, nama Abraham justru ada dalam daftar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau senator dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan.

Penelusuran Liputan6.com di Komisi Pemilihan Umum, perolehan suara Abraham Samad pada pemilihan calon anggota DPD tahun 2004 menempati peringkat ke-18. Artinya, Abraham Samad tidak lolos ke Senayan sebagai senator.

Saat pemilihan calon anggota DPD, Abraham hanya memperoleh suara 68.951 suara. Anggota DPD yang lolos dari daerah pemilihan yakni berturut-turut, HM Aksa Mahmud dengan jumlah suara 790.375, Abdul Aziz Qahar Mudzakar dengan 636.856 suara, Ishak Pamumbu Lambe dengan 210.866 suara, dan Benyamin Bura dengan suara 175.697.

Data di Komisi Pemilihan umum ini berbeda dengan yang disampaikan Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid. Menuru Hidayat, Abraham pernah menjadi caleg PKS tahun 2004 tapi gagal. Kemudian, Abraham mencoba lagi menjadi caleg tahun 2009 dari PKS tapi urung dilakukan. "Karena dia ingin fokus seleksi KPK," kata Hidayat kemarin.

Sementara, Abraham membantah keras dirinya pernah menjadi caleg dari PKS. Abraham meminta pihak-pihak yang menyebut dirinya pernah menjadi caleg PKS untuk menyodorkan bukti. Bagi Abraham, isu ini merupakan salah satu cara menyudutkan KPK. "Isu ini untuk menjatuhkan KPK," kata Abraham kemarin. (Ism)