Sukses

Telat Upacara HUT ke-77 RI di Monas, Belasan ASN DKI Jakarta Dibawa ke Balai Kota

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara. Upacara HUT ke-77 RI ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi.

Para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai Pemprov DKI Jakarta diwajibkan untuk menghadiri upacara HUT ke-77 RI di Monas. Gladi bersih dilakukan pukul 06.30 WIB, kemudian gerbang Monas ditutup pada pukul 06.45 WIB.

Berdasarkan pantauan merdeka.com di lokasi, terdapat 15 ASN Pemprov DKI Jakarta yang terlambat dan dilarang masuk ke area Monas. Salah satu petugas yang ditemui di lokasi tidak bisa memberitahu jumlah pasti ASN yang terlambat.

Sekitar pukul 07.01 WIB, para ASN yang terlambat tersebut diarahkan untuk pergi ke Balai Kota DKI Jakarta untuk melakukan upacara secara terpisah.

Upacara HUT ke-77 RI jajaran Pemprov DKI Jakarta di Monas ini diadakan sebelum kirab Bendera Merah Putih yang menjadi rangkaian upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Upacara HUT RI di Plaza Selatan Monas ini menjadi upacara pertama yang dihadiri langsung setelah selama dua tahun dilaksanakan daring karena pandemi Covid-19.

Pemprov DKI telah melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Monas termasuk untuk mendukung kirab Merah Putih yang merupakan kegiatan Pemerintah Pusat.

"Pemda DKI mendukung kegiatan rangkaian HUT RI, karena paginya ada kirab bendera dan teks proklamasi yang dikirim nanti di Monumen Nasional ke Istana," ucap kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sarnuri, dikutip dari Antara.

 

Reporter: Lydia Fransisca

MErdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Atraksi Pesawat Tempur

 

Atraksi pesawat tempur dari TNI AU akan memeriahkan upacara HUT RI ke-77 pada Rabu 17 Agusus 2022 mendatang. Nantinya di langit Istana Negara, Jakarta akan dihiasi berbagai macam atraksi pesawat tempur.

Selain itu, ada juga atraksi peragaan alat utama sistem persenjataan alias alutsista milik TNI dari matra lain. Termasuk juga Polri juga ikut meramaikan upacara itu.

"Flypass dari AU full. Tetapi peragaan heli lintas helikopter dari AU, darat (AD), AL, Polri ikut juga," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Heru mengungkapkan, pada besok Sabtu 13 Agustus 2022 akan digelar latihan untuk atraksi flypass. Latihan itu dilakukan agar sesuai dengan detik-detik proklamasi.

"Mulai besok sudah ada latihan menyamakan waktu detik-detik untuk flypass. Karena kita kunci di titik-titik proklamasi, jam menitnya dan per detik, maka dari itu dari besok sudah latihan," tutur Heru.

Dia menambahkan, Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 17-8-45 juga ikut tampil dalam upacara hari HUT ke-77 RI di Istana. Selain itu, ada pasukan Paspampres, TNI tiga Matra AD, AU, dan AL serta Polri.

"Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan. Tentunya selama latihan menggunakan masker. Nanti maskernya seragam," ungkapnya.

Selain itu, Mobil Kepresidenan akan dipamerkan di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta mulai hari Senin 15 Agustus 2022. Pameran mobil itu ditampilkan jelang perayaan HUT Ke-77 RI.

"Di hari Senin itu ada pameran mobil pameran lainnya di Sarinah," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Pameran mobil itu digelar dari 15 sampai 31 Agustus 2022. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan membuka pameran mobil tersebut.

Mobil Kepresidenan yang dipamerkan seperti Buick-8 dan Cadillac. Mobil-mobil itu akan dibawa dari museum. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS