Sukses

Jokowi Belum Putuskan Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi irit bicara terkait nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) yang baru. Dia belum mau masuk ke ranah mengenai pelantikan Manteri PANRB tersebut.

Adapun kursi MenPANRB masih kosong usai Thahjo Kumolo meninggal dunia akibat sakit. Jatah posisi menteri itu dipastikan milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Belum," kata Jokowi singkat di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Terkait nama-nama yang sudah di kantongi, Presiden Jokowi pun enggan membocorkan. "Oh kantongan udah penuh," seloroh bekas Wali Kota Solo itu.

Diberitakan, sosok Menpan RB pengganti Tjahjo Kumolo mulai mengerucut. Jatah kursi MenpanRB dipastikan menjadi milik PDIP.

Nama-nama kader PDIP yang bakal diplot menjadi Menpan RB telah didiskusikan Presiden Joko Widodo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kabarnya, Menpan RB baru akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

Sejumlah nama kader PDIP dikabarkan sebagai calon kuat Menpan RB sudah disiapkan Megawati. Di antaranya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Anggota DPR Junimart Girsang.

"Nama Olly sebenarnya sudah masuk sejak Desember 2021," kata sumber di internal koalisi Jokowi.

Junimart pernah disebut-sebut bakal masuk kabinet dikabarkan menggantikan Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Begitu pula dengan Olly yang sempat digadang-gadang mengisi pos Menteri Sosial. Namun dia tolak. Kini namanya kembali disebut masuk bursa menteri Jokowi.

Masuknya nama Olly menjadi kandidat Menpan RB pernah disebut Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat. Selain Olly, Djarot menyebut nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ahmad Basarah. Meski begitu, keputusan akhir pengganti Tjahjo Kumolo ada di tangan Megawati.

Sumber merdeka.com di lingkungan Istana mengatakan satu nama baru yang dipertimbangkan dengan matang oleh Megawati dan Jokowi. Dia adalah Ahmad Basarah. Ahmad Basarah kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

"Infonya Wakil Ketua MPR dari PDIP masuk bursa," ungkap sumber tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jokowi Teken Keppres, Mahfud Jadi Pengganti Tjahjo Sampai Ada Menpan-RB Definitif

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan-RB definitif.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Aturan ini diteken Jokowi pada 12 Juli 2022.

"Menunjuk Sdr. Mohammad Mahfud Md, Menko Polhukam sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB, terhitung mulai tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 definitif," demikian bunyi diktum kedua sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Jumat 15 Juli 2022.

Adapun penunjukkan Mahfud sebagai Plt Menpan-RB dilakukan menyusul wafatnya Menpan-RB Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022. Dalam Keppres ini, Jokowi juga memberhentikan dengan hormat almarhum Tjahjo Kumolo dari jabatannya sebagai Menpan-RB.

"Memberhentikan dengan hormat Sdr. Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 terhitung mulai tanggal 1 Juli 2022, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," bunyi Keppres.

Sebelumnya Tunjuk Mendagri TitoSebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md juga pernah menjadi Menpan-RB Ad Interim saat almarhum Tjahjo Kumolo sakit. Kemudian, Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menpan-RB sejak 4 Juli hingga 15 Juli 2022.

Artinya, tugas Tito sebagai Menpan-RB Ad Interim berakhir pada Jumat 15 Juli 2022 hari ini. Hingga kini, Jokowi belum menentukan sosok yang akan menjadi Menpan-RB definitif.

"Belum, masih dalam proses semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa 12 Juli 2022.

Menurut dia, saat ini masih dalam suasana berduka. Sehingga, Jokowi pun masih belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo.

"Kita juga menunggu, masih berduka," ucap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Megawati Akan Bertemu Jokowi Bahas Pengganti Menpan RB Tjahjo Kumolo

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada awal Agustus 2022 ini dalam rangka membahas pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) almarhum Tjahjo Kumolo.

"Nama-nama kan sudah digodok dulu, sehingga awal-awal Agustus ini lah Ibu Ketua Umum akan bertemu Bapak Presiden Jokowi dan dalam pertemuan itu nanti disampaikan lah tidak hanya pergantian almarhum Mas Tjahjo," tutur Sekjen PDIP Hasto Kristianto kepada wartawan, Minggu 31 Juli 2022.

Menurut Hasto, pihaknya menjunjung etika penggantian almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB dengan menunggu selama 40 hari terlebih dahulu terhitung mulai dari hari almarhum meninggal dunia.

"Karena 40 hari nanti pada awal Agustus itu kan sudah sebagai bagian dari etika yang dibangun oleh PDIP, yang menghormati seniornya yang wafat. Dan penggantiannya itu dilakukan setelah 40 hari," kata Tjahjo.

Kursi jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) hingga kini masih lowong, terhitung sejak wafatnya Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022.

Sebelumnya, pada Kamis 28 Juli 2022, Hasto mengatakan sosok pengganti Almarhum Tjahjo Kumolo telah dibahas Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum dari partai yang mengusung Tjahjo Kumolo sebagai menteri.

"Hal ini tentunya dengan tetap menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam memilih nama menteri," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis 28 Juli 2022.

Hasto menyebut soal pengisian jabatan Menteri PAN-RB sebaiknya tak perlu dipersoalkan sekarang. Sebab Kementerian PAN-RB tetap berjalan dengan baik. "Kan sudah ada Plt menteri " ujar Hasto.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS