Sukses

Istana Gelar Gladi Kotor HUT ke-77 RI Mulai Sabtu Besok

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana akan mulai menggelar gladi kotor upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Gladi kotor HUT ke-77 RI ini akan diikuti oleh petugas upacara mulai dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres), pasukan pengibaran bendera (Paskibra), hingga pasukan TNI.

"Begitu juga besok gladi kotor pertama. Semua yang berkepentingan, itu sudah hadir sampai siang hari dari paspampres, paskibra, tiga matra TNI AD, AU, AL, menyatukan langkah di besok," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Dia menyebut pada gladi kotor, juga akan dilakukan latihan fly pass pesawat tempur TNI Angkatan Udara. Total ada 6 sampai 8 helikopter yang akan melakukan latihan untuk menyamakan waktu saat upacara 17 Agustus nanti.

"Mulai besok sudah ada latihan menyamakan waktu detik-detik untuk fly pass, karena kita kunci di titik-titik proklamasi, jam menitnya dan per detik, maka dari itu dari besok sudah latihan," ujarnya.

Sementara itu, pelaksanaan gladi bersih untuk Upacara Detik-detik Proklamasi akan dilakukan pada Senin, 15 Agustus 2022. Heru menyampaikan pasukan Paskibraka pada HUT ke-77 RI memakai formasi penuh.

"Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan. Tentunya selama latihan menggunakan masker. Nanti maskernya seragam," kata Heru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT ke-77 RI di Istana Digelar Luring dan Daring

Sebelumnya, Sekretariat Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pada tahun ini upacara tersebut akan dihadiri tamu undangan secara fisik (luring) dalam jumlah terbatas dan secara virtual (daring).

Heru menjelaskan bahwa pihaknya membuka 77.000 undangan bagi masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual. Sekretariat Presiden juga membuka 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Kemudian, pihak Istana juga membuka sebanyak 2.500 undangan untuk menghadrir langsung Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Seperti diketahui, peringaran HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hanya dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS