Sukses

Hari Ke-6 Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, KPU: Dokumen PDRI Belum Lengkap

Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengumumkan hasil pengecekan dokumen persyaratan pendaftaran partai politik (parpol) yang mendaftar ke Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke KPU hari ini, Sabtu (6/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengumumkan hasil pengecekan dokumen persyaratan pendaftaran partai politik (parpol) yang mendaftar ke Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke KPU hari ini, Sabtu (6/8/2022).

Pada hari ini, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) menjadi satu-satunya parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU. Idham menyatakan berdasarkan hasil pengecekan, PDRI belum sepenuhnya melengkapi dokumen persyaratan.

"Dan berdasarkan hasil pengecekan dokumen, dokumennya belum lengkap. Dan kami beri kesempatan kepada PDRI untuk melengkapi dokumen tersebut," kata Idham.

Idham menjelaskan, mengacu pada peraturan perundang-undangan, pendaftaran parpol dapat diterima apabila telah menyerahkan dokumen pendaftaran secara lengkap. Dokumen persyaratan pendaftaran itu kata dia, harus diinput ke dalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sebelumnya, PDRI mendatangi KPU untuk menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran peserta Pemilu 2024. PDRI tiba di KPU pada pukul 13.15 WIB.

Ketua Bidang Organisasi PDRI Sudarsono menyerahkan dokumen pendaftaran peserta Pemilu kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada pukul 14.18 WIB.

PDRI menjadi partai politik (parpol) ke-13 yang resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Namun, masih ada beberapa dokumen persyaratan yang masih belum dilengkapi PDRI.

"Kita targetkan untuk ikut pemilihan umum, sudah kita sampaikan tadi berkas-berkasnya. Jadi sudah saya sampaikan, andai kata kalau kurang lengkap akan kita lengkapi sampai dengan batas akhir waktu," kata Ketua Bidang Organisasi PDRI, Sudarsono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan Raih 4 Persen Suara

Sebelumnya, Ketua Bidang Organisasi PDRI, Sudarsono menjelaskan bahwa PDRI menargetkan 4 persen suara di Pemilu 2024. Meski demikian, Sudarsono paham betul, persaingan pada Pemilu 2024 bakal berlangsung ketat.

"Kita ingin diatas 4 persen itu minimalis kita ingin demikian," ujar Sudarsono.

Kendati demikian, Sudarsono menjelaskan bahwa PDRI tak mempersoalkan terkait menang atau kalah di Pemilu 2024 mendatang. Namun, PDRI kata dia akan tetap berjuang memberikan yang terbaik.

"Iya pastinya kita juga ingin memenangkan pemilihan umum itu pasti tujuan semua partai cuma ke depan nanti itu yang akan diperjuangkan," jelas dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.