Sukses

Madinah Panas, Jemaah Jangan Ketinggalan Alas Kaki Saat ke Masjid Nabawi

Dia juga mengingatkan sejumlah larangan yang juga harus diperhatikan jemaah. Di antaranya jemaah diminta tidak mengambil gambar di sekitar Masjid Nabawi secara berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji Indonesia gelombang dua mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah. Jemaah diingatkan untuk menjaga kesehatan karena cuaca di Madinah relatif lebih panas daripada Makkah.

Karena itu, jemaah haji diminta untuk membiasakan diri menggunakan alat pelindung, misalnya payung atau lainnya, agar tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Jemaah juga diminta untuk memperbanyak minum, tidak menunggu haus untuk minum.

"Simpan dengan baik alas kaki saat ke Masjid Nabawi dan jangan sampai ketinggalan. Alas kaki sangat penting agar kaki jemaah tidak kepanasan atau bahkan melepuh," kata Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif yang ikut melepas keberangkatan jemaah dari KNO 8, Makkah, Kamis (21/7/2022).

Dia juga mengingatkan sejumlah larangan yang juga harus diperhatikan jemaah. Di antaranya jemaah diminta tidak mengambil gambar di sekitar Masjid Nabawi secara berlebihan, apalagi sampai membentangkan spanduk. Jemaah juga agar tidak merokok di sekitar Nabawi dan hotel tempat tinggal.

"Saudi memperketat aturan merokok. Ada denda hingga 200 Riyal Saudi atau sekitar 800 ribu rupiah di tempat-tempat yang dilarang. Misalnya, di Masjid Nabawi dan sekitarnya. Ini harus jadi perhatian jemaah," ucap Khanif.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.932 Jemaah Haji di Makkah Diberangkatkan ke Madinah

Jemaah haji gelombang dua yang berada di Makkah diberangkatkan ke Madinah mulai Kamis (21/7/2022). Jemaah diberangkatkan ke Madinah dengan bus antarkota.

"Besok pagi dimulai dari kloter JKG-24 yang akan diberangkatkan dijadwalkan pukul 07.00 dari Makkah dengan jumlah jemaah kurang lebih 393 jemaah," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif, Makkah, Rabu (20/7/2022)..

Khanif mengatakan, pada Kamis 21 Juli 2022 tersebut, ada lima kloter yang diberangkatkan ke Madinah. Jumlahnya kurang lebih ada 1.932 jemaah.

Dia menerangkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Daerah Kerja Madinah terkait penempatan jemaah haji yang akan tiba di Madinah.

"Transportasi kita juga sudah koordinasi dengan Naqobah yang menyediakan transportasi bus yang digunakan oleh para jemaah jemaah kita. Tentu saja bus bus ini juga sudah punya spesifikasi sehingga layak untuk memberangkatkan jemaah haji kita ke Madinah," kata Khanif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.