Sukses

Waktu Krusial Jelang Kepulangan, Menag Minta Jemaah Haji Jaga Stamina

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, masih banyak jemaah yang datang ke Masjidil Haram hingga pukul 01.20 Waktu Arab Saudi, baik itu untuk tawaf, iktikaf, atau melanjutkan umrah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, masih banyak jemaah yang datang ke Masjidil Haram hingga pukul 01.20 Waktu Arab Saudi, baik itu untuk tawaf, iktikaf, atau melanjutkan umrah.

"Nah saya ingin sebenarnya di waktu waktu krusial menjelang kepulangan ini, baik petugas maupun jemaah haji masing-masing menjaga staminanya," kata Menag Yaqut usai melakukan Tawaf Wada di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Minggu (17/7/2022).

Dia meminta jemaah menjaga stamina dan tidak terlalu memforsir diri untuk ibadah. Apalagi setelah puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina jemaah wafat masih terus bertambah.

"Saya tanya ke kesehatan, memang faktor yang banyak karena cardio vaskular yang dipicu oleh kelelahan," kata dia.

Yaqut juga mengingatkan petugas menjaga stamina dan semangat bahwa petugas ke Tanah Suci semangatnya melayani sampai akhir jemaah pulang ke rumah masing masing.

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan penyambutan kepada jemaah haji yang pulang ke Tanah Air agar bisa bugar. Dan, agar pulang ke rumah dengan perasaan senang serta bahagia karena bertemu keluarganya kembali.

"Saya kira ini persiapan persiapan yang kita lakukan, dan malam tadi kita sudah koordinasikan dengan KBIHU supaya menjaga jemaah agar tidak terlalu diforsir melakukan ibadah yang sunah maupun mubah, mubah itu belanja- belanja, city tour, biar jemaah istirahat dulu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.