Sukses

Menteri Agama Lepas Kepulangan Jemaah Embarkasi Solo di Bandara Jeddah

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2). Ada 358 jemaah yang tergabung dalam kloter ini.

"Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo. Beliau menitip salam untuk bapak, ibu sekalian dan keluarga di Tanah Air," kata dia di Plaza D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (15/7/2022).

"Mohon terus doakan agar negara Indonesia menjadi negara yang Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur," sambung dia.

Gus Men, panggilan akrabnya, bersyukur jemaah haji telah melalui proses ibadah fisik, ibadah haji, dalam keadaan sehat, nyaman, dan tenang. Dia pun mendoakan semua mendapat haji mabrur.

Dirinya juga meminta maag jika selama pemerintah memberikan pelayanan masih ada kekurangan.

"Kami berjanji di masa yang akan datang terus melakukan perbaikan sehingga tamu Allah dalam beribadah semakin tenang, nyama, dan khusyuk," kata Gus Men.

Pelepasan jemaah ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada Menteri Agama oleh petugas kloter.

Kepada para petugas, atas nama pribadi, pemerintah, dan negara, Menteri Agama menyampaikan terima kasih atas dedikasinya dalam melayani jemaah dengan baik, tanpa kenal lelah, dan melayani sebagaimana melayani orang tua sendiri.

Hadir Sekjen Kemenag Nizar, jajaran pimpinan Ditjen PHU, Staf Khusus, dan perwakilan Maskapai Garuda Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zamzam di Debarkasi

Menag Yaqut mengingatkan jemaah untuk tidak memasukkan air Zamzam ke dalam tas bagasi. Dia meminta jemaah tidak perlu khawatir terkait air Zamzam.

Sebab, jemaah akan mendapatkannya setibanya di asrama haji. Kalau ada yang tidak dapat, jemaah diminya mendatangi Kemenag setempat.

"Saya mendoakan semoga pahala ibadah jemaah haji dilipatgandakan. Selamat jalan," tandas Yaqut.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Ketahuan

Jemaah haji terus diingatkan untuk tidak membawa pulang air zamzam ke Tanah Air. Karena dengan cara bagaimana mengemas air zamzam, pasti akan ketahuan.

"Jadi ketua kloter sudah kami sampaikan ya agar mereka mewanti-wanti jemaahnya agar tidak membawa zamzam di dalam koper. Mau bagaimana pun juga mereka mengemas air zamzam akan ketahuan juga saat masuk mesin X-ray, dan itu akan dikeluarkan," ujar Ketua Sektor 4 Ahmad Ridani, Makkah, Jumat (15/7/2022).

Ridani mengatakan, daripada hal tersebut terjadi dan menghambat proses perjalanan koper ke bandara, lebih baik sekarang air zamzam yang dimasukkan ke dalam koper bagasi dikeluarkan.

Dia meminta kasus koper bagasi yang dibongkar karena kedapatan membawa air zamzam menjadi pembelajaran bagi jemaah. Bahwa akan ketahuan walaupun berbagai cara membungkusnya dan masuk bagasi walaupun hanya 1 botol.

Sementara itu, 360 jemaah haji yang berasal dari SOC 1 dilepas ke Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz pada Kamis (14/7/2022) malam. Jemaah dari SOC-1 rencananya terbang pada Jumat 15 Juli 2022 pukul 05.10 waktu Arab Saudi dan tiba di Tanah Air pukul 22.15 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.