Sukses

Ribuan Mahasiswa Indonesia Terima Beasiswa di Luar Negeri, 21 Diantaranya Asal UPH Tangerang

Untuk meraih beasiswa IISMA bukanlah hal mudah. Mahasiswa sebelumnya harus melalui proses yang sangat ketat dan menantang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.155 mahasiswa asal Indonesia, bakal jalani Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 21 mahasiswa diantaranya berasal dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang yang akan menjalani pendidikan pertukaran mahasiswa selama enam bulan kedepan.

Melalui program IISMA, mahasiswa UPH akan melanjutkan studi selama satu semester di universitas ternama di benua Amerika, Asia, Australia, dan Eropa, yang masuk dalam jajaran Top 300 QS University Ranking. Antara lain Nanyang Technological University (NTU) Singapura, University of Warsaw Polandia, Australian National University, University of Melbourne, dan lainnya.

"Selama menjalani masa kuliah, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku," ungkap Rektor UPH Jonathan L. Parapak, Jumat (15/7/2022).

Sementara, untuk meraih beasiswa IISMA bukanlah hal mudah. Mahasiswa sebelumnya harus melalui proses yang sangat ketat dan menantang. Pengalaman inilah yang begitu berkesan bagi seluruh mahasiswa, seperti yang diceritakan Vanessa Jovana dari Sistem Informasi UPH Kampus Medan dan Samuel Emmanuel Soentoro dari Prodi Biologi UPH Karawaci.

“Kesempatan ini sangat berharga, saya diterima di Korea University selama 4 bulan ke depan, nanti berangkat bulan Agustus," tuturnya.

Dia berharap, melalui program ini banyak hal yang bisa dia pelajari. Mulai dari budaya, time-management, independence, dan lainnya.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.155 Mahasiswa Indonesia Raih Beasiswa IISMA

Sementara, menurut Noviyanto, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah III, dari awal seleksi ada 7 ribuan mahasiswa yang mendaftar program IISMA pada tahun ini. Namun, setelah diseleksi berbagai tahapan, terpilihlah 1.155 mahasiswa untuk menjalani beasiswa tersebut.

"Pada saat mendaftar di website resmi kami, mereka juga bebas memilih kampus yang diminati di 28 negara tujuan. Mereka nantinya akan menempuh pendidikan dan konvensi SKS ke kampus asalnya," ungkap Novianto.

Nantinya, para mahasiswa akan menjalani beasiswa dari negara itu selama enam bulan atau satu semester, di berbagai kampus. Seperti University of York Inggris, Korea University di Korea Selatan, Pompeu Fabra University di Spanyol, University of Sydney di Australia dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.