Sukses

Terlihat Sedih, Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo Peluk Erat Kapolda Metro

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, menemui Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo di ruangannya. Momen itu terekam dalam kamera video berdurasi 24 detik.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, menemui Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo di ruangannya. Momen itu terekam dalam kamera video berdurasi 24 detik.

Terlihat, kedatangan Irjen Fadil Imran disambut langsung Irjen Ferdy Sambo. Keduanya tampak bersalaman sambil berpelukan. Raut wajah Ferdy Sambo terlihat sedih.

Pun demikian dengan Fadil Imran yang juga tak dapat menyembunyikan kesedihannya.

Bahkan, Fadil beberapa kali menepuk-nepuk dan mengelus pundak Ferdy Sambo. Fadil terlihat sempat mencium kening Ferdy Sambo. Belum ada konfirmasi terkait dengan video ini.

Sebelumnya, Brigadir J ditemukan tewas bersimbah darah di dekat tangga di sebuah rumah pada Jumat (8/7/2022) sekira pukul 17.00 WIB. Ada barang bukti berupa senjata, selongsong, serta proyektil peluru.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Brigadir J tewas usai terlibat baku tembak dengan Bharada.

Polisi yang menyelidiki kasus ini menyebut, peristiwa ini diawali dari pelecehan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap istri dari Kadiv Propam. Tak cuma itu, Brigadir J juga disebut menodongkan pistol ke kepala istri Kadiv Propam.

Aksi Brigadir J diketahui oleh Bharada RE yang juga berada di dalam rumah. Bharada RE bertanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi kepada Brigadir J, tapi tak dijawab Brigadir J, yang malah melepaskan tembakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 Pejabat Polri Pantau Olah TKP Adu Tembak Polisi di Rumdin Kadiv Propam Ferdy Sambo

Sejumlah perwira menengah dan tinggi Polri kembali mendatangi rumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri RT 5/RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022).

Kedatangan mereka usai insiden baku tembak antara Bharada RE dengan Brigadir Yoshua alias Brigadir J pada Jumat 8 Juli 2022 sekira pukul 17.00 WIB. Adu tembak tersebut merenggut nyawa Brigadir J.

Terpantau, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi, Karowassidik Bareskrim Polri Brigjen Pol Iwan Kurniawan dan Kapolres Jaksel dan Wakapolres Jaksel serta Kasat Reskrim Jaksel memantau Inafis Bareskrim Polri yang sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Posisi mereka berada di luar di pintu samping rumah dinas (Rumdin) Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Awak media sendiri tak diperkenankan mengamati aktivitas Inafis secara dekat. Mereka hanya diizinkan mengambil gambar 20 meter dari Tempat Kejadian Perkara.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengusut kasus adu tembak personel yang merupakan anak buah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Kami mendapatkan banyak informasi terkait berita-berita liar yang beredar. Tentunya kita ingin semua bisa tertangani dengan baik. Oleh karena itu saya telah membentuk tim khusus yang dipimpin Pak Wakapolri, Irwasum, Kaba, Pak Kabid, As SDM, beberapa unsur tersebut perlu kita libatkan, termasuk fungsi Provos dan Paminal," tutur Listyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022).

3 dari 4 halaman

Ditemukan di Dekat Tangga

Menurut Listyo, sejauh ini dua Laporan Polisi (LP) yang tengah ditangani Polres Jakarta Selatan. Pertama soal perkara upaya percobaan pembunuhan dan kedua terkait ancaman kekerasan terhadap perempuan yang menimpa istri Irjen Ferdy Sambo.

"Saya sudah minta penanganannya betul-betul ditangani menggunakan prinsip-prinsip yang berlaku, yaitu bagaimana kita mengedepankan sciencetific crime investigation. Tentunya kasus ini walaupun ditangani Polres Jakarta Selatan namun diasistensi oleh Polda dan Bareskrim," jelas Listyo.

Sebelumnya, Brigadir J ditemukan tewas bersimbah darah di dekat tangga di sebuah rumah pada Jumat (8/7/2022) sekira 17.00 WIB. Ada barang bukti berupa senjata, selonsong serta proyektil peluru.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Brigadir J tewas usai terlibat baku tembak dengan Bharada.

Polisi yang menyelidiki kasus ini menyebut, peristiwa ini diawali dari pelecehan sekual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap istri dari Kadiv Propam. Tak cuma itu, Brigadir J juga disebut menodongkan menggunakan pistol ke kepala istri Kadiv Propam.

Aksi Brigadir J diketahui oleh Bharada RE yang juga berada di dalam rumah. Bharada RE bertanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi kepada Brigadir J, namun tak dijawab Brigadir J yang malah melepaskan tembakan.

4 dari 4 halaman

Kompolnas Minta Polri Profesional

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polri bekerja profesional dan transaparan menangani kasus adu tembak antar personel yang merupakan anak buah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Keduanya bersitegang di rumah pejabat Polri daerah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli 2022.

"Kompolnas mengharapkan masyarakat sabar menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan Propam dan Polres Jakarta Selatan. Kami mendukung pemeriksaan yang profesional, transparan dan akuntabel dalam kasus ini," tutur Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Selasa 12 Juli 2022.

Dua anggota yang terlibat baku tembak adalah Brigadir J dan Bharada E, yang kemudian menewaskan Brigadir J. Sementara Bharada E disebut dalam posisi membela diri dan menolong istri Irjen Ferdy Sambo yang mengalami pelecehan.

"Kompolnas akan terus memantau proses pemeriksaan kasus ini untuk dapat memastikan Polri profesional dan mandiri," jelas Poengky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.