Sukses

Menteri Agama: Fasilitas Jemaah Haji di Mina Belum Sesuai

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, fasilitas jemaah haji sudah cukup baik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, fasilitas jemaah haji sudah cukup baik. Tapi fasilitas berbeda dari espektasi dari biaya yang dikeluarkan pemerintah ke pihak masyair.

"Saya merasa bahwa ini belum sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Tapi tentu karena persiapan kemarin pendek faktor dua bulan pasca diumumkan kita bisa berangkat ibadah haji," kata dia di Mina, Sabtu 9 Juli 2022.

Yaqut mengatakan, hal ini akan dijdikan sebagai catatan dan evaluasi untuk perbaikan layanan jemaah haji ke depan

"Ya kalau dari petugas overall semua oke mulai dari teman media, teman-teman kesehatan kemudian yang bertugas di akomodasi logistik semua oke, linjam oke, semua aparatur kita siap bimbad oke. Jadi saya kira semua sudah baik dan tinggal fasilitas yang kita perbaiki," ucap dia.

Yaqut berharap, umat muslim di Indonesia terutama yang keluarganya sedang melaksanakan ibadah haji untuk terus menerus didoakan agar bisa beribadah dengan baik aman lancar dan pulang membawa predikat haji mabrur.

Dan, tentu jamaah haji di Arab Saudi terus menerus mendoakan Indonesia agar baik baik saja dan sesuai dengan track yang diinginkan founding father yang membawa harapan masa depan.

Di sisi lain, Yaqut mengatakan, prose lempar jumrah berjalan dengan baik dengan lancar seusai dengan skenario yang dibuat panitia. Kemudian untuk pemilihan jam lempar jumrah, Indonesia sore hari.

"Dan pilihan ini benar, kita lihat sepi sekali Jamarat dan udaranya tidak terlalu panas. Jadi tantangan terbesar dari prosesi haji sebenarnya di sini di Mina ini," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Diantisipasi

Dia pun mengatakan hal itu sudah antisipasi sebaik-baiknya. Yaqut menyebut, angka orang sakit tidak terlalu tinggi mungkin pembatasan usia.

"Angka wafatnya jamaah juga tidak. Saya dapat laporan tadi di Mina dalam perjalanan ke jamarat ada satu yang wafat yang biasanya pasca Arafah ke Mina.Tapi alhamdulillah mudah mudaha kita jaga dan terus berdoa semoga angka ini tidak bertambah," terang dia.

Yaqut berharap, jemaah memanfaatkan waktu dengan benar-benar untuk beristirahat, sehingga benar benar sehat saat lempar jumrah berikutnya.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Mulai

Sebelumnya, Jemaah haji Indonesia mulai melakukan lempar jumrah aqobah di jamarat, Mina Sabtu (9/7/2022).

Jemaah pun tampak semangat menjalani kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah semangat, sehat," kata sejumlah jemaah di jamarat.

Begitu pula dengan Nurhayati, jemaah asal Banjarnegara. Dia mengaku puas setelah berhasil melempar jumrah.

Pun demikian dengan Sumarno dan Watini jemaah haji Papua dari embarkasi Makassar.

"Semangat atas izin Allah," kata mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.