Sukses

BNN: Ahli Farmatologi, Adiksi, Pidana Telusuri Zat di Rumah Raffi

Zat baru yang ditemukan sebagai barang bukti di rumah Raffi Ahmad masih ditelusuri.

Sebanyak 10 dari 17 orang yang digelandang dari rumah Raffi Ahmad masih menjalani pemeriksaan sejak 3 hari lalu, Minggu 27 Januari 2013 pagi. Hingga saat ini, status kesepuluh orang tersebut, termasuk Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah masih belum ditetapkan.

Sementara, zat baru yang ditemukan sebagai barang bukti di rumah Raffi masih ditelusuri. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut, zat baru tersebut bernama lengkap 3,4 methylenedioxy-n-methylcathinone. Turunan katinon yang memiliki efek fly seperti ekstasi. Namun, untuk keabsahannya, BNN mengaku masih menyelidikinya dengan meminta bantuan para ahli, yakni ahli pidana, farmatologi, adiksi.

"BNN sedang meminta keterangan saksi ahli kepada para ahli. Ahli pidana, farmatologi dan adiksi," kata Kepala Humas BNN Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Gedung BNN, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dituturkan dia, BNN saat ini sedang mengintai beberapa zat baru narkoba, termasuk zat jenis baru yang merupakan zat turunan katinon itu.

"Saat ini BNN dan petugas kepolisian melihat, mendengar, bahkan kita pelototin (zat-zat tersebut) yang masuk ke Indonesia. Ada barang-barang lain yang berkeliaran, termasuk saat ini yang kita temukan," tandas Sumirat. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini