Sukses

Sempat Viral dan Terekam CCTV, Polisi Tangkap Pencuri Rumah di Cengkareng

Liputan6.com, Jakarta Polisi menangkap pelaku pencurian rumah di Jalan Mawar Blok F15, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Adapun pencurian yang menggasak puluhan telepon genggam dan sejumlah logam mulia emas sempat menjadi viral di media sosial, lantaran aksinya sempat terekam CCTV.

Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan, dua orang yang sempat kamera CCTV ialah AG alias FB dan JO, ditangkap di lokasi berbeda.

"Unit Reskrim Polsek Cengkareng mengamankan AG di kawasan Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu sore. Sedangkan, JO di Tangerang Selatan Minggu ," kata Adhie dalam keterangan tertulis, Senin (4/6/2022).

Dia menerangkan, penyidik sedang mendalami kasus pencurian. Ardhie menyebut, ada dua orang yang turut ditangkap bersama dengan JO. Diduga, ada kaitannya dengan kasus tersebut.

"Satu diantaranya yang kami amankan bersama JO ialah seorang wanita inisial PI yang merupakan istri dari JO," ujar dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, PI istri dari JO ini menjual sepeda motor yang digunakan suaminya saat beraksi. Adapun, tujuannya untuk menghilangkan jejak kejahatan.

"Istri JO menjual setelah pencurian viral di sosial media instagram," ujar dia.

Dalam penangkapan itu, turut disita beberapa barang bukti handphone hasil curian di dalam kamar. "Pada saat kami amankan, barang bukti yang berhasil disita itu hanya beberapa unit handphone saja," jelas Ardhie.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, keempat pelaku digelandang ke Polsek Cengkareng.

 

2 dari 3 halaman

Terekam CCTV

Sebelumnya, Sindikat maling terekam kamera CCTV saat beraksi di salah satu rumah warga Jalan Mawar Blok F15, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Rekaman video itu viral di media sosial.

Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Ardhie Demastyo, mengatakan, pemilik rumah bernama Dessy telah membuat laporan ke Polsek Cengkareng.

Informasi yang diterima, perampokan terjadi pada Jumat (1/7/2022) kemarin.

 

3 dari 3 halaman

Menjebol Gembok Pagar

Terlihat dari CCTV, pelaku datang dengan mengendarai sepeda motor dan merangsek dengan menjebol gembok pagar. Kondisi rumah saat itu sedang sepi.

"Korban lagi di luar rumah, setelah dia pulang ternyata pagar rumah sudah terbuka dan pintunya sudah kecongkel," kata Ardhie dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/7/2022).

Ardhie menerangkan, pelaku berhasil merampas emas, 30 unit telepon genggam, laptop dan PC. Tercatat, kerugian yang diderita pemilik rumah mencapai Rp400 juta.

"Kondisi di dalam sudah berantakan," ujar dia.