Sukses

Ma'ruf Amin Sebut Sarinah Upaya Nyata Tingkatkan Standar dan Perluas Pasar UMKM

Wapres Ma'ruf Amin berharap produk UMKM semakin diminati oleh pembeli domestik maupun dari mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022). Dia melihat beragam produk UMKM mulai dari kain tradisional, baju, kerajinan, alas kaki, produk kecantikan, hingga makanan dan minuman.

“Saya lihat ini merupakan upaya meningkatkan selain pasar tapi juga mutu, standarnya naik. Ini merupakan satu upaya untuk melakukan upaya pemberdayaan, peningkatan UMKM kita ke depan,” tutur Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan persnya, Senin.

Ma’ruf menyampaikan, peningkatan mutu dan standar UMKM ini dapat terlihat jelas. Sebab, sebelum sebuah produk dapat memasuki etalase telah dilakukan penyaringan yang ketat dari pihak manajemen Sarinah.

“Saya lihat tadi itu produk UMKM ini betul-betul naik kelas, dan produk-produk yang bisa masuk ini produk-produk yang sudah dikurasi oleh pihak Sarinah sehingga standarnya itu standar yang internasional,” paparnya.

Hal tersebut, lanjut Ma’ruf, merupakan salah satu pendorong utama dalam meningkatkan daya tarik produk UMKM Indonesia di mata para pembeli.

“Sarinah baru yang sudah direnovasi begitu sangat baik sebagai etalase daripada produk-produk UMKM,” tegasnya.

Ma’ruf Amin berharap, ke depan produk UMKM Indonesia dapat semakin diminati baik oleh pembeli domestik maupun asing.

“Dengan adanya Sarinah baru ini, kita harapkan bahwa market (pasar) UMKM kita akan semakin besar dan mendunia, meng-global,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Produk Lokal

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, kendala yang selama ini kerap dihadapi oleh pelaku UMKM seperti tantangan packaging (pengemasan), peningkatan mutu, dan promosi, akan perlahan-lahan ditingkatkan melalui sistem penyaringan di Sarinah.

Dengan begitu, produk lokal Indonesia akan semakin berdaya saing. Selanjutnya, para pelaku UMKM pun turut terpacu untuk memproduksi produk-produk yang berkualitas.

“Sarinah kita coba jadi etalase supaya juga banyak masyarakat dan juga tentu para buyers atau pembeli dari berbagai mancanegara itu bisa melihat kualitas yang kita sudah lakukan selama ini,” ungkap Erick.

“Kesempatan ini luar biasa, kita bisa buktikan sekarang bahwa memang produk-produk kita kualitasnya baik,” tandasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.