Sukses

KPK Bekali PDIP dan Golkar Pendidikan Antikorupsi

 

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengangendakan pembekalan antikorupsi bagi pengurus PDIP dan Partai Golkar. Pembekalan itu masuk dalam rangkaian program politik cerdas berintegritas (PCB) Terpadu.

"Dalam rangkaian program PCB Terpadu, KPK kembali akan menggelar kegiatan pembekalan antikorupsi bagi para pengurus partai politik, baik di pusat maupun daerah," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Ipi mengatakan, pembekalan untuk pengurus PDIP akan dilakukan hari ini, sementara untuk Golkar dilakukan, esok hari Selasa, 28 Juni 2022. Kegiatan akan diselenggarakan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK pukul 09.00 – 12.00 WIB.

"Dua hari ke depan agenda pembekalan akan diberikan untuk jajaran pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Senin, 27 Juni 2022 dan Partai Golongan Karya (Golkar) pada Selasa, 28 Juni 2022," kata Ipi.

Untuk pembekalan antikorupsi hari ini terhadap PDIP dijadwalkan langsung Ketua KPK Firli Bahuri yang akan memberikannya. Sementara dari pihak PDIP dijadwalkan hadir salah satunya Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

"Bergantian Pimpinan KPK akan memberikan pembekalan secara langsung kepada peserta. Dijadwalkan Ketua KPK Firli Bahuri akan membuka kegiatan pembekalan antikorupsi untuk PDIP. Sesuai konfirmasi yang kami terima tiga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidajat, I Made Urip, dan Mindo Sianipar beserta 11 orang pengurus PDIP Pusat lainnya akan hadir secara langsung. Sedangkan, selebihnya akan mengikuti pembekalan secara daring," kata Ipi.

 

 

2 dari 2 halaman

Jadwal Pembekalan Partai Golkar

Untuk kegiatan pembekalan antikorupsi terhadap Partai Golkar dijadwalkan akan dibuka oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dan jajaran pada Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.

"Hingga hari ini kami menerima konfirmasi kehadiran secara langsung sekitar 100 peserta yang terdiri dari Ketua dan perwakilan pengurus dari 34 DPD Partai Golkar," kata Ipi.

Ipi mengatakan pembekalan antikorupsi dalam program PCB yang diperuntukkan bagi pengurus parpol ini merupakan salah satu upaya KPK mendorong penguatan integritas di internal parpol.

"Kami berharap setiap parpol dapat mengikuti program ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan parpol untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik," kata Ipi.