Sukses

Roy Suryo Dilaporkan Terkait Meme Stupa, PAN Sebut Jadi Pembelajaran Bermedsos

Unggahan pakar telematika sekaligus Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo berupa meme foto stupa Candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbuntut pelaporan ke kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan pakar telematika sekaligus Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo berupa meme foto stupa Candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbuntut pelaporan ke kepolisian. Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig pun menyayangkan tindakan Roy Suryo yang kurang bijak bersosial media.

"Hal ini jelas sangat disayangkan, apalagi Roy Suryo adalah pakar telematika yang kerap menjadi narasumber yang mengajak masyarakat bijak dalam bermedia sosial," tutur Rizki kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Roy Suryo awalnya dilaporkan oleh Organisasi Perkumpulan Buddhis, Dharmapala Nusantara ke Polda Metro Jaya. Laporannya sendiri ditolak lantaran ternyata sudah ada yang lebih dahulu melaporkan kasus tersebut.

"Ingat, stupa pada Candi Borobudur ini mengandung unsur keagamaan. Tentu ini akan menyakiti perasaan saudara kita yang beragama Buddha. Belum lagi sosok presiden yang merupakan orang nomor satu di Indonesia. Unggahan ini jelas tidak menunjukan sikap kenegarawanan seorang politisi yang juga pakar telematika di Indonesia", kata Rizki.

Menurut Rizki, pelaporan terhadap polisi atas Roy Suryo akan menjadi pembelajaran bagi semua pihak, terkait sikap bijak dalam mengakses dan membagikan informasi di media sosial.

"Langkah hukum yang akan ditempuh oleh Dharmapala Nusantara akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi semua pihak, terutama dalam mengakses dan membagi info di medsos. Seorang pakar telematika saja bisa kepleset sendiri, apalagi kita. Jangan sampai unggahan kita malah mengandung unsur provokasi yang mengganggu kerukunan antar sesama warga negara," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bijak

Rizki turut menghimbau masyarakat agar bijak dalam bersosial media dan membagikan unggahan positif yang jauh dari hoaks, juga provokasi.

Sementara itu, Polda Metro Jaya belum membuka ke publik pihak pelapor terhadap Roy Suryo atas perkara unggahan meme stupa berwajah mirip Jokowi.

"Saya mengimbau kepada netizen Indonesia agar tidak menyebarkan informasi hoaks, khususnya capture berita maupun gambar yang didalamnya telah diedit sehingga mengandung makna yang provokatif. Ayo bijak bermedsos," Rizki menandaskan.

3 dari 4 halaman

Meme

Mantan Menteri Olahraga (Menpora) Roy Suryo kini tengah jadi perbincangan hangat warganet. Pasalnya dia diduga mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Joko Widodo di akun Twitternya.

Di sana juga dituliskan,"Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN."

Ada dua meme Candi Borobudur yang diposting Roy Suryo pada Jumat 10 Juni 2022 lalu. Pada foto kedua, meme tersebut diduga sudah diedit sehingga wajahnya mirip Jokowi.

Caption dalam foto kedua tersebut juga tak kalah menyentil. "Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar."

4 dari 4 halaman

Kritik

Sontak, kedua unggahan mantan menpora tersebut mendapat kritik tajam dari warganet, sehingga muncul #TangkapRoySuryo dan menjadi trending topik di lini masa.

Semakin deras kritikan yang datang padanya, Roy Suryo belakangan memberikan klarifikasi terkait unggahan tersebut. Dia menyanggah bahwa kedua postingan meme tersebut dibuat oleh dirinya.

"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' karena ketidakpahamannya. Maka postingan tsb saya drop, case close. Jelas-jelas sudah ada dua akun asli penggunggah sebelumnya," tulis Roy Suryo melalui akun Twitternya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.