Sukses

Alasan Megawati Keliling Sarinah: Lebih Baik Saya Lihat Sebelum Diresmikan Jokowi

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri didampingi Menteri BUMN Erick Thohir berkeliling Mal Sarinah pasca-renovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengungkap alasannya datang ke Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat. Ia ingin melihat hasil renovasi Mal Sarinah sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal itu diungkap Presiden ke-5 RI itu usai berkeliling bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir melihat pameran dan seni relief yang tersimpan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat Senin (13/6/2022) siang.

"Jadi saya bilang kepada Pak Erik, lebih baik saya melihat sebelum nanti diresmikan oleh Pak Jokowi, bulan Juli," kata Megawati.

Ungkapan itu disampaikan Megawati, usai diberitahu renovasi Sarinah sudah rampung sejak April lalu. Mal yang peletakan batu pertamanya dilakukan Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1962 silam ini, akhirnya dilakukan renovasi.

"Jadi Pak Erick itu sudah dari 1,5 bulan ingin menunjukkan kepada saya kalau Sarinah itu telah selesai renovasinya," katanya.

Selama kunjungan, Megawati menyampaikan apresiasi terhadap hasil renovasi Mal Sarinah yang dikelola BUMN ini. Termasuk dipajangnya kembali relief yang telah lama disimpan sejak orde baru.

"Jadi tadi setelah ditunjukkan beberapa floor yang menurut saya sangat bagus, sangat indah, karena di situ setiap floor mempunyai makna-makna tersendiri," katanya.

"Terutama mengenai dipasangnya kembali seni relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya tanda kutip 'disembunyikan'. Tapi akhirnya Alhamdulillah dapat dikembalikan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Diresmikan Jokowi pada Juli 2022

Pada kesempatan itu, Erick juga menyampaikan jika dirinya sempat meminta izin kepada Megawati serta memberikan laporan kepada Presiden Jokowi terkait rencananya merenovasi Mall Sarinah.

"Iya saya rasa seperti yang saya sampaikan di awal-awal kepada Ibu Mega dan saya laporkan kepada Pak Jokowi. Saya rasa sarana ini merupakan sejarah yang hampir terlupakan, karena itu aku izin," katanya.

Adapun renovasi Mall Sarinah yang telah selesai sejak Maret itu saat ini telah dibuka untuk masyarakat umum. Dengan beragam fasilitas yang ada, mall ini dijadwalkan akan diresmikan Presiden Jokowi pada kisaran bulan Juli 2022 nanti.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sarinah adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di Gondangdia, Jakarta.

    Sarinah

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir