Sukses

Top 3 News: Ridwan Kamil, Atalia, dan Azzahra Setia Bersama Jenazah Eril saat ke Bandung

Kedua orangtua, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, beserta sang adik Camillia Azzahra, turut mendampingi jenazah Eril di mobil jenazah, dalam perjalanan menuju Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait telah tibanya jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada Minggu 12 Juni 2022 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Usai melakukan serah terima dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dengan keluarga, jenazah Eril langsung dibawa pihak keluarga ke Bandung, Jawa Barat menggunakan mobil jenazah atau via darat.

Jenazah Eril diangkut menggunakan mobil jenazah berwarna silver yang dihiasi rangkaian bunga berwarna putih, Minggu sore 12 Juni 2022.

Kedua orangtuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, beserta sang adik Camillia Azzahra, turut mendampingi jenazah Eril di mobil jenazah, dalam perjalanan menuju Bandung.

Kemudian, dijelaskan Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, hanya kendaraan yang ditempel stiker khusus yang nantinya bisa masuk ke area makam saat prosesi pemakaman Eril pada Senin 13 Juni 2022 di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Kusworo mengatakan, pemasangan stiker tersebut dilakukan sebagai pembatasan karena tidak semua kendaraan atau orang bisa masuk ke makam saat proses pemakaman Eril. Sehingga, kata dia, kendaraan yang tak berstiker, bakal dilarang masuk.

Selain itu menurut dia, pihaknya bakal menyiapkan sejumlah area parkir di sekitar lokasi pemakaman guna meminimalisasi gangguan lalu lintas. Namun Kusworo pun memprediksi bakal ada hambatan mobilitas masyarakat ketika adanya proses pemakaman.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal gempa terkini yang getarkan wilayah Pacitan, Jawa Timur.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, hasil analisis pihaknya, gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2.

Kemudian, lanjut Daryono, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi antara geser dan miring (strike-slip - oblique).

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 12 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan Azzahra Dampingi Eril di Mobil Jenazah Selama ke Bandung

Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, langsung dibawa ke Bandung, Jawa Barat usai administrasi serah terima di Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta selesai. Jenazah Eril dibawa pulang ke Bandung menggunakan mobil jenazah atau via darat.

Jenazah Eril diangkut menggunakan mobil jenazah berwarna silver yang dihiasi rangkaian bunga berwarna putih, Minggu sore 12 Juni 2022.

Kedua orangtuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, beserta sang adik Camillia Azzahra, turut mendampingi jenazah Eril di mobil jenazah, dalam perjalanan menuju Bandung.

Pantauan Liputan6.com, Ridwan Kamil dan Atalia menyapa jurnalis di Cargo Jenazah untuk mengucapkan terima kasih kepada masyarakat. Keduanya lalu membungkuk.

Mereka lalu menuju ke mobil jenazah usai mengucapkan rasa syukurnya.

Baik Ridwan Kamil, Atalia, maupun Azzahra kompak mengenakan busana serba hitam pada prosesi tersebut.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan adiknya, datang pukul 15.56 WIB mengenakan baju dan peci serba hitam. 

Pantauan Liputan6.com, begitu keluar dari mobil, Ridwal Kamil, langsung menyapa media dengan menelangkupkan kedua tangannya ke dada. 

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Polisi Sebut Hanya Kendaraan Berstiker Khusus yang Boleh Masuk Saat Pemakaman Eril

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyebut hanya kendaraan yang ditempel stiker khusus yang nantinya bisa masuk ke area makam saat prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Menurutnya pemasangan stiker itu dilakukan sebagai pembatasan karena tidak semua kendaraan atau orang bisa masuk ke makam saat proses pemakaman Eril. Sehingga kendaraan yang tak berstiker, menurutnya bakal dilarang masuk.

"Yang diperbolehkan masuk adalah yang memiliki stiker yang disiapkan oleh panitia, bagaimana mekanisme bisa memiliki stiker? Silakan ditanyakan ke pihak protokoler Pemprov Jabar," kata Kusworo di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 11 Juni 2022, yang dilansir dari Antara.

Adapun lokasi pemakaman berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 30 kilometer jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dari rumah dinas Ridwan Kamil atau Gedung Pakuan.

Dia mengatakan pihaknya pun bakal menyiapkan sejumlah area parkir di sekitar lokasi pemakaman guna meminimalisasi gangguan lalu lintas. Namun ia pun memprediksi bakal ada hambatan mobilitas masyarakat ketika adanya proses pemakaman.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Hasil Analisis BMKG Terkait Gempa Terkini yang Getarkan Pacitan Pagi Tadi

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan hasil analisis terkait gempa terkini yang mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur.

"Gempa terjadi hari Minggu 12 Juni 2022 pukul 06.55.32 WIB," terang Daryono dikutip Liputan6.com dari laman Facebook miliknya Daryono BMKG, Minggu 12 Juni 2022.

Menurut dia, hasil analisis BMKG, gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2.

Kemudian, lanjut Daryono, episenter gempa terletak pada koordinat 8,60 Lintang Selatan (LS) - 111,41 Bujur Timur (BT), tepatnya di laut pada jarak 23 kilometer arah selatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur dengan kedalaman 103 kilometer.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff. Para ahli lazim menyebutnya sebagai gempa dalam lempang (intraslab earthquake)," papar Daryono.

Dia menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi antara geser dan miring (strike-slip - oblique).

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.