Sukses

Skema Pengamanan Pemakaman Eril Anak Ridwan Kamil, Pelayat Diberi Stiker hingga Dijaga Polisi

Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah tiba di Jakarta sekitar pukul 15.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah putra sulung anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah tiba di Jakarta sekitar pukul 15.30 WIB.

Setibanya di Jakarta, jenazah Eril langsung dibawa ke Gedung Pakuan Bandung, Jawa Barat untuk dimakamkan Senin besok, 13 Juni 2022.

Guna mengantisipasi membludaknya masyarakat yang ingin melayat di pemakaman Eril, Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo telah menyiapkan sejumlah pola pengamanan pemakaman.

Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya akan menerjunkan setidaknya sebanyak 150 personel gabungan untuk berjaga-jaga di sekitar pemakaman dan jalan yang dilalui oleh rombongan jenazah yang membawa mendiang Eril.

"Kami menyiapkan kurang lebih sekitar 150 personel dengan gabungan Satpol PP dan Dishub," kata Kusworo melalui akun resmi @infobandungkota, Minggu (12/6/2022).

Menurut Kusworo, pengamanan ini dilakukan untuk membatasi jumlah pelayat akan hadir dan menghindari kerumunan. Dia juga mengatakan, pelayat yang boleh masuk hanya yang memperoleh stiker dan mendapatkan izin dari keluarga.

"Dari situ kami akan membatasi yang boleh masuk dan tidak ke area pemakaman," kata Kusworo.

"Yang boleh masuk hanya yang memiliki stiker, yang mendapat persetujuan dari pihak keluarga, untuk bisa masuk ke area pemakaman," lanjut dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil berencana untuk memakamkan mendiang putranya berdampingan dengan masjid bernama Al Mumtadz.

Masjid Al Mumtadz merupakan hasil karya Gubernur Jawa Barat ini dengan menggunakan nama putra sulungnya. Dalam unggahannya di Instagram, Ridwan Kamil membeberkan alasannya memberikan nama masjid Al Mumtadz.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Al Mumtadz

Rencananya, Eril akan dimakamkan di pemakaman milik keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin 11 Juni 2022.

Makam Eril nantinya akan berdampingan dengan Masjid Al Mumtadz yang desainnya telah dibuat oleh sang ayah.

"Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz," kata Ridwan Kamil.

Al Mumtadz sendiri memiliki arti “terbaik”. Bagi Ridwan Kamil, Eril sudah melakukan yang terbaik semasa hidup di dunia.

"Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," tutur suami Atalia Praratya ini.

Selain Masjid Al Mumtadz, makam Eril akan bersebelahan dengan sungai kecil. Pemandangan pegunungan dan pesawahan juga akan mewarnai kawasan makam Eril.

Sebelumnya, rombongan pengantar jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Rombongan iringan jenazah Eril tiba pukul 19.16 WIB, Minggu 12 Juni 2022.

Jenazah akan disambut oleh dua nenek Eril dari kedua orangtuanya. Eril disemayamkan di ruang utama Gedung Pakuan Bandung.

Jenazah Eril dibawa ke Bandung via darat setelah dipulangkan dari Swiss. Ridwan Kamil, istri dan putrinya mendampingi Eril di mobil jenazah.

Eril dipulangkan ke Tanah Air melalui Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta.

 

3 dari 3 halaman

Jenazah Eril Langsung Disalatkan

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam. Ridwan Kamil sendiri yang akan mengimami salat jenazah putra sulungnya itu.

"Setibanya di Bandung, yang akan dilakukan pertama, Pak Ridwan Kamil memimpin keluarga besar mensalatkan Eril," ungkap kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).

Lalu, selepas salat jenazah, maka warga atau publik yang ingin juga mendoakan, akan diberikan kesempatan mulai pukul 23.00 WIB, hingga keesokan harinya, Senin 13 Juni 2022, sekitar pukul 08.00.

Sebab, pada Senin sekitar pukul 09.00, rombongan akan bertolak ke pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung. Tepatnya di lahan Islamic Center, milik keluarga besar.

"Pada saat pemakaman ini, situasi lokasi pemakaman akan ada pengaturan. Sehingga diharapkan kepada keluarga dan tokoh yang akan hadir sudah dapat ada di lokasi pukul 10.00, sehingga prosesi pemakaman dapat dilaksanakan pukul 11.00 dan berakhir pada siang hari," tutur Erwin.

Setelah itu, lahan atau area pemakaman akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum melaksanakan ziarah makam, untuk mendoakan almarhum Eril, anak Ridwan kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.