Sukses

Sepekan Berlalu, Masyarakat Masih Beradaptasi soal Rute Baru KRL

Keramaian masih terlihat di Stasiun Manggarai Jakarta pada Senin (6/6/2022). Kebijakan penyesuaian pola perjalanan kereta berdampak langsung pada pengguna moda transportasi KRL Commuter Line.

Liputan6.com, Jakarta Keramaian masih terlihat di Stasiun Manggarai Jakarta pada Senin (6/6/2022). Kebijakan penyesuaian pola perjalanan kereta berdampak langsung pada pengguna moda transportasi KRL Commuter Line.

Pantauan di lapangan, karyawan KCI dan sekuriti setempat menggunakan pengeras suara mengarahkan setiap penumpang yang baru saja tiba di Stasiun Manggarai.

Mereka berdiri di dekat tangga Peron 6 dan Peron 7. Diketahui Stasiun Manggarai bakal menjadi pusat transit KRL Commuter Line.

Situasi di Stasiun Manggrai diakui salah satu petugas menjadi lebih ramai semenjak kebijakan SO 5 berlaku pada Jumat, 27 Mei 2022.

Dikatakannya, terjadi kepadatan yang sangat luar biasa pada jam-jam sibuk. Misalnya, dari pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB.

"Itu jam-jam ramai pada pagi hari. Sementara pukul 10.00 WIB kondisinya mulai agak landai," ujar dia.

Adapun, penumpang yang menuju ke Stasiun Sudirman terpantau paling banyak pada jam-jam tersebut. Sedangkan, pada jam pulang kantor yang mendominasi tujuan Stasiun Bogor. "Pada jam-jam sore paling ramai yang ke Bogor," ujar dia.

Kebijakan penyesuaian pola perjalan juga mendapat tanggapan dari pengguna KRL. Seorang karyawan swasta bernama Deva mengaku agak kebigungan dengan adanya kebijakan baru ini. Deva naik KRL dari stasiun Bogor hendak menuju ke Tanah Abang.

"Agak ribet, biasanya dari Bogor langsung sekarang harus transit-transit. Buktinya sekarang di sini kelihatannya lebih numpuk," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memakan Waktu

Selain itu, waktu perjalanan pun sedikit lebih lama dibandingkan sebelumnya.

"Sekarang agak lebih lama lebih ngaret lebih lama buang-buang waktu gitu lah," ujar dia.

Kendati, Deva mengapresiasi dengan hadirnya petugas dan papan petunjuk. Menurut dia, sangat membantu untuk memperoleh informasi.

"Iya terbantu sih sama petugas," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Mulai Memahami

Manager External Relation KCI Leza Arlan mengklaim penumpang sudah mulai memahami adanya kebijakan penyesuaian pola perjalanan KRL. "Penumpang sudah mulai terbiasa dengan pola ini sih," ujar dia.

Arlan mengatakan, pihak KCI telah mengantisipasi seandainya terjadi penumpukan. Ada KRL feeder untuk melayani penumpang transit di Stasiun Manggarai.

"Ada feeder KLB ada 12 pulang-pergi. Adapun 8 KRL feeder delapan dengan relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan PP pagi dan 4 KRL feeder Manggarai--Bekasi PP," ujar dia.

Arlan mengimbau pengguna KRL merencanakan perjalan dengan baik agar tak terjebak pada penumpukan.

"Jadwal bisa dilihat KRL akses, kepadatan dan loop transit diinformasikan juga di sana," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.