Sukses

3 Hal yang Disampaikan Jokowi saat Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Rabu (1/6/2022) menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi NTT.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Rabu (1/6/2022) menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ini merupakan pertama kalinya pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila dilakukan di luar Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya, Upacara Hari Lahir Pancasila selalu dipusatkan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, ada sejumlah hal yang disampaikan Jokowi. Salah satunya ia mengajak semua anak bangsa untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Jokowi mengatakan, Kota Ende sangat bersejarah sebab menjadi tempat Presiden pertama RI Soekarno, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Kemudian, lanjut dia, rumusan Pancasila itu disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai dasar negara.

"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama sama membumikan Pancasila. Dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ujar Jokowi saat menyampaikan amanat upacara sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (1/6/2022).

Selain itu, Jokowi mengatakan Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia. Lebih dari itu, kata dia, Pancasila merupakan bintang penuntun saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Berikut sederet hal yang disampaikan Presiden Jokowi saat menjadi Irup peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende NTT dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ajak Semua Anak Bangsa Membumikan Pancasila

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Dia mengajak semua anak bangsa untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Jokowi mengatakan bahwa Kota Ende sangat bersejarah sebab menjadi tempat Presiden pertama RI Soekarno, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Kemudian, lanjut dia, rumusan Pancasila itu disahkan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai dasar negara.

"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama sama membumikan Pancasila. Dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Jokowi saat menyampaikan amanat upacara sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (1/6/2022).

Dia menyebut Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia, namun juga menjadi bintang penuntut saatmenghadapi tantangan dan ujian. Hal ini, kata Jokowi, telah dibuktikkan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

"Bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ujarnya.

"Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila, dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita," sambung Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

2. Sebut Pancasila Jadi Bintang Penuntun dalam Hadapi Tantangan dan Ujian

Jokowi mengatakan Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia. Lebih dari itu, kata dia, Pancasila merupakan bintang penuntun saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

"Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa," ucap Jokowi.

Menurut dia, bangsa dan negara Indonesia dapat tetap berdiri kokoh menjadi negara kuat karena berlandaskan Pancasila. Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan bangsa Indonesia untuk betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

"Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa," kata dia.

Jokowi mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Khususnya, kepada para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemimpin partai politik hingga pemimpin dan tokoh organisasi kemasyarakatan.

"Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokkoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," tutur Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

3. Sampaikan Terima Kasih ke Masyarakat Ende

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Ende NTT yang menerima kedatangannya serta Iriana dengan hangat. Dia menilai kehangatan inilah yang menjadikan Presiden pertama RI akhirnya merumuskan Pancasila.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khusunya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana dan seluruh rombongan. Sejak awal datang ke sini sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," ujar Jokowi.

"Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende, karena saya merasa beliau berada dalam kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.