Sukses

Biaya untuk Menggelar Formula E Jakarta Mencapai Rp130 M

Anggaran pembangunan sirkuit Formula E tersebut memakan anggaran mencapai Rp60 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menggelar balapan mobil listrik Formula E, panitia penyelenggara Formula E Jakarta mengungkapkan biaya pelaksanaan yang mencapai Rp120 miliar sampai Rp130 miliar.

"Untuk aspalnya, kan sudah tahu hampir Rp60 miliar, selebihnya pembangunan 'grandstand' dan segala macamnya," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni di Jakarta, Kamis (27/5/2022).

Sirkuit untuk Formula E Jakarta memang sengaja dibangun baru di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Adalah kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama yang membangun sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu.

Anggaran pembangunan sirkuit Formula E tersebut memakan anggaran mencapai Rp60 miliar. Sirkuit Formula E Jakarta mempunyai 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Panitia penyelenggara juga bukan hanya membangun sirkuit, tapi juga fasilitas penopang lainnya seperti panggung penonton, garasi pebalap (paddock), dan fasilitas lainnya.

Usai pengerjaan sirkuit selesai, panitia kemudian menjual 60 ribu tiket untuk penonton, yang terdiri dari lima kategori kelas, yakni Festival Ancol, Festival Circuit, grandstand, VIP, dan VVIP.

Harga tiket termurah untuk menyaksikan langsung Formula E 2022 Jakarta alias Jakarta E-Prix pada 4 Juni nanti, yakni kategori Festival Ancol seharga Rp250 ribu. Sementara tiket termahal di kelas VVIP untuk kategori "Jakarta Royal Suite" mencapai Rp10 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Agenda Setelah Formula E

Penonton bukan hanya menyaksikan balapan mobil listrik, panitia juga menyiapkan sejumlah hiburan dari para artis Ibu Kota serta pameran UMKM DKI Jakarta. Ke depan, sirkuit ini bukan hanya untuk agenda mobil balap listrik.

BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebelumnya mengungkapkan bahwa ada tujuh agenda lain setelah gelaran Formula E.

"Selesai ini (Jakarta E-Prix) masih ada tujuh lagi kegiatan di Sirkuit Formula E. Pada tahun ini di-'booked' tujuh (kegiatan)," ungkap Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto, seperti dilansir Antara.

Tapi, Widi tidak merinci kegiatan yang akan diselenggarakan di sirkuit yang belum lama rampung tersebut. Dia menerangkan, sirkuit itu tidak hanya digunakan sebagai arena balap mobil, tapi juga kegiatan otomotif lainnya.

Balapan mobil listrik Formula E Jakarta akan berlangsung pada Sabtu (4/6/2022) di Ancol, Jakarta Utara. Para pembalap sendiri dijadwalkan datang ke Jakarta pada 28-29 Mei 2022.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.