Sukses

Pawai Formula E di Monas Batal Digelar

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni menyampaikan bahwa kegiatan pawai mobil balap Formula E di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat batal digelar. Sedianya pawai Formula E di Monas digelar pada Kamis 2 Juni 2022.

"Benar sekali, batal," kata Sahroni kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Sahroni menjelaskan, batalnya kegiatan pawai Formula E di Monas ini karena bertentangan dengan aturan yang telah ditentukan. 

"Dikarenakan aturan mobil Formula tidak memperbolehkan karena terkait teknis kendaraan tersebut,” kata Sahroni.

Meski tidak menjelaskan secara rinci terkait pertentangan aturan tersebut, Sahroni mengatakan bahwa kegiatan pawai akan diganti dengan sesi foto para pembalap di kawasan Monas pada tanggal tersebut.

"Kita hanya akan adakan foto session, dengan para pembalap di Monas tanggal 2 Juni," katanya.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangkaian kegiatan ajang balapan mobil listrik Formula E yang akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022, pihak penyelenggara telah menyiapkan sejumlah acara pra-event di Monas.

“Tanggal 2 Juni kita ada kegiatan untuk foto session dan muter sedikit di dalam Monas beserta pebalap,” kata Sahroni, Minggu (22/5/2022).

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

2 dari 4 halaman

Formula E Masuk Rangkaian Jakarta Hajatan ke-495

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa ajang Formula E masuk dalam salah satu rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495. Anies menjelaskan masuknya gelaran balap mobil listrik itu akan menjadi pesan keikutsertaan Ibu Kota dalam upaya meminimalisasi polusi udara.

"Jadi event Formula E adalah pesan kepada kita dan pesan kepada dunia bahwa kami penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab mengurangi emisi karbon di udara," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

"Sehingga kita bersama-sama, dengan penduduk dunia lainnya ambil tanggung jawab di dalam menghadapi global warming dan climate change," lanjut Anies.

Selain itu perhelatan Formula E, lanjut Anies, juga akan mengirimkan pesan bahwa Jakarta tengah mempersiapkan diri menjadi kota modern.

"Event Formula E mengirimkan pesan bahwa Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik," jelas dia.

3 dari 4 halaman

Transportasi Umum Tenaga Listrik di Jakarta

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan saat ini beberapa transportasi umum di Jakarta sudah menggunakan tenaga listrik. Dia berharap jumlahnya akan bertambah dari tahun ke tahun.

"Sekarang di Jakarta kita sudah ada 30 bus yang menggunakan tenaga listrik dan harapannya ke depan, tahun ini nanti bisa 100 bus bertenaga listrik. Dan nanti di akhir 2030 seluruh armada angkutan umum kita menggunakan listrik," kata Anies. 

Dia berharap agar Formula E yang diselenggarakan 4 Juni 2022 mendatang dapat berlangsung lancar. Sebab, mata dunia akan tertuju ke Indonesia khususnya Jakarta saat gelaran balap mobil listrik itu.

"Harapannya berjalan lancar sukses. Nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan dimana dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia. Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. Kita ingin menunjukan kepada semua bahwa Jakarta sudah bersiap untuk memasuki era baru, dimana kita menggunakan energi terbarukan untuk mobilitas," ucapnya. 

4 dari 4 halaman

Undangan untuk Presiden Jokowi Sudah Dikirim

Undangan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghadiri balapan mobil listrik Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 telah disampaikan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, undangan kepada Presiden Jokowi telah dikirimkan oleh pihak panitia penyelenggara balapan yang akan berlangsung di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Tentu (Diundang), Pak Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia tentu diundang. Sudah dikirimkan," ujar Riza kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Dia menerangkan, Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia sudah pasti diundang untuk menghadiri gelaran event international balapan mobil listrik.

"Karena ini event international, tentu Presiden Republik Indonesia, Pak Jokowi diundang," ucap Wagub DKI, Riza Patria.

Meski demikian, saat ditanya siapa pejabat yang akan membuka acara Formula E Jakarta, Riza masih enggan mengungkapnya. Sebab, menurut politikus Partai Gerindra ini, hal itu sudah disusun Jakpro selaku pihak penyelenggara Formula E Jakarta 2022.

"Tentu, sudah disusun oleh panitia ya. semua sudah diatur tempatnya, teknisnya apa yang dilakukan, jajaran pejabat ya. Presiden, mungkin ada menteri terkait dan gubernur serta sebagainya ya," katanya.