Sukses

Tampung 900 Jamaah, Asrama Haji di Kota Tangerang Mulai Dibangun Juli 2022

Sebagai tahap awal persetujuan dari Bappenas untuk pembangunan Asrama Haji Tower pertama sudah selesai dilelang.

Liputan6.com, Tangerang - Gedung Asrama Haji milik Kementerian Agama yang rencananya berada di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, akan mulai dibangun pada Juli 2022. Untuk awal, proyek nasional ini akan dibangun satu unit tower. 

"Mulai bulan Juni-Juli nanti ada pembuatan tower pertama sekitar 35 kamar dengan tiga lantai. Nanti ada tower satu dua dan tiga, itu yang pertama 35 kamar di bulan antara Juni Juli," ujar Kepala Seksie Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang, Tutun HS, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, sebagai tahap awal persetujuan dari Bappenas untuk pembangunan tower pertama sudah selesai dilelang. Sehingga tinggal menunggu pembangunan dilakukan.  Asrama Haji tersebut dibangun di atas lahan seluas 4 hektare. Lahan itu awalnya merupakan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kota yang kemudian dihibahkan ke Kemenag.

"Sekarang sudah dihibahkan ke Kemenang dari kota Tangerang. SBSN (Surat Berharga Syariat Negara)," ungkap Tutun. 

Namun demikian, Tutun mengaku tak mengetahui anggaran yang dialokasikan untuk pembangun proyek tersebut. Menurut dia hal itu merupakan ranah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Banten. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Jauh dari Bandara Soetta

Tutun mengungkapkan, asrama ini diperkirakan berkapasitas 900 jamaah. Tak hanya diperuntukkan untuk kepentingan haji saja, namun juga dapat digunakan untuk jamaah umrah yang tengah menunggu keberangkatan serta pendidikan tentang haji dan umrah.

"Kalau sudah jadi untuk asrama haji, jamaah haji umrah bisa seminar atau dari sekolah untuk bimbingan manasik haji bisa di sana seperti di Pondok Gede," jelasnya. 

Ketika sudah jadi, asrama haji ini untuk jemaah di Banten. Sehingga, jemaah yang ingin berangkat haji tak usah ke asrama di Pondok Gede, Bekasi dan hanya menempuh 15 menit untuk ke Bandara Soekarno Hatta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.