Sukses

Charta Politika Sebut Kode Jokowi Soal 2024 di Rakernas Projo Mengarah ke Ganjar

Yunarto menjelaskan, Ganjar memiliki rating popularitas dan elektabilitas paling tinggi diantara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, turut menyampaikan analisisnya mengenai sambutan Presiden Joko Widodo di Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Menurutnya, pidato Jokowi soal ‘mungkin yang kita dukung hadir di sini’ mengarah ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, menurut Yunarto, hanya Ganjar yang masuk dalam radar survei teratas capres 2024 yang hadir dalam rakernas tersebut.

"Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke arah Pak Ganjar. Saya tidak tau apakah dipilihnya Magelang adalah simbol, masih belum bisa menjelaskan," ujar Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 21 Mei 2022.

Yunarto menjelaskan, Ganjar memiliki rating popularitas dan elektabilitas paling tinggi diantara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel. Ganjar pun sering disebut penerus Jokowi sebagai presiden periode 2024-2029.

"Ganjar sudah ratingnya tertinggi dan ketika ditanya brand association dari Ganjar memang dia dianggap paling kuat menjadi penerus Jokowi dibandingkan dengan nama-nama lain," tegasnya.

Menurut Yunarto, figur yang didukung Jokowi akan memiliki keuntungan secara pemilih dan kekuatan partai, apabila Jokowi sampai akhir masa jabatanya memiliki raport yang bagus di mata masyarakat.

Selain itu, Jokowi harus tepat dan cepat memgumumkan figur yang didukungnya. Serta, Jokowi juga harus menggaet dukungan kepada partai koalisnya agar calon yang diusungnya kelak dapat mendapatkan dukungan dari partai-partai pendukungnya tersebut.

“Kemungkinan besar kalau seperti itu, siapapun yang didukung oleh Jokowi punya kemungkinan besar juga untuk menang,” tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Tergesa Gesa

Selain itu, Jokowi dalam pidatonya menyampaikan kepada relawan untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Menurut Yunarto, hal itu bisa bermakna Jokowi ingin stabilitas politiknya tidak terganggu.

"Diartikan dua hal ya, presiden tidak ingin stabilitas politiknya terganggu. Kedua, kalau jagoan kita (Projo) akan maju, ikuti cara saya dan jangan tergesa-gesa," katanya.

Sebelumnya, Jokowi dalam rakernas Projo menyinggung soal dukungannya di Pilpres 2024 kepada figur yang hadir di rakernas.

"Makanya, untuk urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi disambut teriakan Projo, Sabtu (21/5/2022).

"Hidup Pak Ganjar," teriak mereka kompak.

Hadir di acara itu Selain presiden Jokowi, ada ibu Iriana dan sejumlah tokoh di antaranya Ganjar Pranowo, Bupati Magelang dan tokoh lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.