Sukses

Jokowi Minta Projo Sabar untuk Pemilu 2024: Dinamika Politik Belum Jelas

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meminta relawan Projo (Pro Jokowi) untuk bersabar menunggu keputusan siapa yang akan dia pilih sebagai capres di Pemilu 2024.

Menurutnya, dinamika politik saat ini masih belum jelas.

"Jangan tergesa-gesa, karena dinamika politik sekarang ini masih belum jelas, bener enggak? Partai apa mencalonkan apa belum jelas, sehingga jangan sampai keliru," kata Jokowi saat membuka Rakernas V Projo di Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Dia pun tak ingin didesak relawannya untuk menentukan capres. Projo tak boleh tergesa-gesa. "Jangan sampai salah, setuju kita sabar? Setuju kita tidak tergesa-gesa dulu?," kata Jokowi disambut setuju peserta.

Jokowi akan menjaring aspirasi dari Projo soal siapa capres yang dipilihnya. Dia akan kroscek suara Projo dari atas sampai bawah.

"Tidak saya putuskan sendiri enggak, saya bukan tipikal seperti itu, saya akan tanya ketuanya dulu, gimana pak ketua calon kita siapa," ungkap dia.

"Saya akan kroscek kebawah relawan paling bawah yang ada di desa, kampung saya tanya gimana bapak ibu, siapa?," kata Jokowi.

Lebih lanjut, ia bakal menujukkan dengan pertemuan besar di tingkat nasional bahwa Projo masih solid, satu dan semangat.

"Karena yang kita miliki adalah kapal besar, bukan kapal kecil, jadi kapal besar," kata Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Tergesa-gesa

Jokowi pun meminta relawan Projo tidak tergesa-gesa untuk menentukan capres 2024. Meskipun dirinya tidak menyangkal Projo sudah mendukung salah satu tokoh jadi capres.

"Berkaitan dengan politik, karena kita harus fokus dengan persoalan persoalan (ketidakpastian global) tadi urusan politik ojo kesusu jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada disini," kata Jokowi.

Para peserta pun riuh mendengar ucapan Jokowi itu. Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga kader PDIP ramai diteriakan.

"Sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa ini Kelihatannya," ucap Jokowi menanggapi teriakan peserta.

 

3 dari 3 halaman

Selesaikan Masalah Lebih Penting Dulu

Jokowi kembali berpesan agar relawannya fokus untuk selesaikan persoalan negara maupun global yang penuh ketidakpastian.

Setelah itu, barulah masuk keputusan politik capres 2024.

"Sudah dibilang persoalan persoalan ini harus diselesaikan dulu, diselesaikan baru kita masuk yang namanya keputusan yang saya akan dengar dari bapak ibu semua, saya akan ajak bicara," kata Jokowi.

Acara Rakernas V Projo ini dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid yang juga relawan dari Sekretaris Nasional Jokowi, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com