Sukses

Menteri Agama Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak: Rekatkan Tali Persaudaraan Sesama

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16/5/2022).

Dalam kesempatan ini, dia mengajak momentum Waisak untuk terus memperkuat moderasi beragama, serta merekatkan tali persaudaraan antar sesama.

"Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama," kata Yaqut seperti dikutip Antara.

Dia pun menuturkan, sebagaimana diajarkan juga dalam kitab suci Dhammapada syair 194 bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

Tri Suci Waisak, kata Yaqut, senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

"Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian," kata dia.

Menurutnya, seluruh umat Buddha Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera, dan itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

 

2 dari 4 halaman

Sterilisasi Vihara Jelang Hari Raya Waisak

Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah melakukan strilisasi sebelum berlangsungnya ibadah pada perayaan Waisak tahun 2022.

Setiap sudut ruangan Vihara Parama Maitreya Pemalang dilakukan sterilisasi oleh Satuan Samapta Polres Pemalang dengan menggunakan metal detector dan anjing pelacak atau K9, Minggu (15/5/2022).

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo melalui Kapolsek Pemalang Kota AKP Kabul Santoso mengatakan, sterilisasi dilakukan untuk memberikan rasa aman pada umat Budha yang akan melangsungkan ibadah pada hari raya Waisak di Vihara Parama Maitreya.

"Dalam pelaksanaannya, kami telah berkoordinasi dengan pengurus Vihara Parama Maitreya Pemalang," katanya, melalui keterangan tertulis, Minggu.

Kabul mengatakan, pengamanan dan sterilisasi di Vihara Parama Maitreya menjelang Waisak ini melibatkan 70 personel dari Polres Pemalang dan Polsek Pemalang.

"Kita bersyukur, dalam mengawali kegiatan situasi terdapat aman dan kondusif, serta tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan," kata Kapolsek.

 

3 dari 4 halaman

Pengurus Vihara Gembira

Kebul juga mengimbau kepada masyarakat yang datang beribadah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami selalu mengimbau kepada para jemaah untuk selalu mengutamakan prokes, terutama penggunaan masker," kata Kapolsek.

Handi, pengurus Vihara Parama Maitreya mengatakan, dirinya berterima kasih dan mengapresiasi upaya Polres Pemalang dalam menjamin keamanan beribadah umat Budha pada perayaan Waisak.

"Kami merasa antusias dan berterima kasih pada Polres Pemalang, ini adalah representasi negara hadir dalam menjamin keamanan beribadah," kata Handi.

 

4 dari 4 halaman

Ragunan Tetap Buka

Sementara, Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan akan tetap beroperasi pada Senin 16 Mei 2022 besok atau pada jadwal libur nasional Hari Raya Waisak tahun 2022/2566 BE.

"Besok buka," ujar Staf Layanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi, Minggu (15/5/2022).

Wahyudi menyebut, biasanya Senin adalah hari libur Ragunan. Namun karena Senin 16 Mei 2022 adalah hari libur nasional Hari Raya Waisak hari maka jadwal libur satwa akan diundur menjadi Selasa 17 Mei 2022.

"Sudah diatur melalui Pergub No 7 tahun 2014. Bila hari senin libur nasional, libur satwa, dimundurkan di hari berikutnya," kata Bambang.

Selain itu, Bambang menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah pengunjunga pada long weekend Hari raya Waisak tahun 2022/2566 BE. Per siang ini, terdapat 19 ribu pengunjung Ragunan.

"Siang tadi jam 11 sudah 19 ribuan," pungkas Bambang.