Sukses

Jokowi Berangkat ke Washington DC, Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri empat agenda dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022). Jokowi akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja mulai 11 sampai 13 Mei 2022.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," kata Jokowi dalam keterangannya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sebelum lepas landas, Selasa pagi.

Dia diagendakan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari bersama pemimpin negara Asia Tenggara lainnya. Total ada empat rangkaian pertemuan yang akan dihadiri oleh Jokowi.

Pertama, pertemuan dengan anggota Kongres. Kedua, pertemuan dengan para CEOs besar Amerika. Ketiga, pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika. Keempat, pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.

Jokowi menuturkan bahwa saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Indonesia berharap, KTT Khusus ASEAN-AS ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Dia menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN. Termasuk, dengan Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Kembali ke Indonesia pada Minggu Pagi

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu, 15 Mei 2022 pagi.

Dalam kunjungan ke Washington DC ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

Sebagai informasi KTT tersebut nantinya akan membahas berbagai hal dan memperkuat kerja sama di sejumlah bidang, seperti penanganan pandemi Covid-19, keamanan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, pengembangan sumber daya manusia dan juga ekonomi.

Pertemuan ini nantinya akan menjadi peringatan 45 tahun terjalinnya hubungan antara Amerika Serikat dan ASEAN.

3 dari 4 halaman

Menyempatkan Silaturahmi Langsung dengan Wapres

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan silaturahmi Lebaran secara langsung dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sebelum bertolak ke Amerika Serikat.

Keduanya bertemu di Ruang Jepara, Istana Merdeka Jakarta, Senin (9/5/2022). Silaturahmi dilakukan pada pertama kerja selepas cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Tadi siang Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia berkunjung ke Bapak Presiden Republik Indonesia tentunya dalam rangka masih suasana Idulfitri, saling berdiskusi, tentunya berdiskusi ringan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari siaran persnya.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut Ma'ruf Amin juga menyampaikan tentang rencana kunjungan kerjanya ke Provinsi Bali.

Di Bali, Ma'ruf akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022.

"Beliau Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia juga menyampaikan akan ke Bali sebagaimana tugas yang dilimpahkan oleh Bapak Presiden dan Pak Wapres akan menghadiri acara asosiasi para gubernur seluruh Indonesia," jelas Heru.

Adapun Jokowi akan melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa 10 Mei 2022. Kunjungan itu dalam rangka menghadiri KTT Khusus AS-ASEAN pada 12-13 Mei 2022.

Dalam pertemuan, Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat jalan kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, Ma'ruf tak bisa mengantar Jokowi berangkat ke Amerika Serikat esok hari.

"Bapak Presiden besok pagi akan berangkat ke Amerika Serikat dan pada kesempatan itu Pak Wakil Presiden Republik Indonesia menyampaikan selamat jalan dan beliau tidak bisa besok pagi mengantar Bapak Presiden karena masih tugas di Bali," kata Ma'ruf.

Usai pertemuan, Jokowi tampak mengantarkan Wapres Ma'ruf Amin hingga ke tangga Istana Merdeka.

4 dari 4 halaman

Jokowi Sebut Putin Akan Hadiri KTT G20 di Bali

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bakal hadir langsung dalam pertemuan KTT G20 yang akan dilangsungkan di Bali pada November mendatang.

"Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," kata Jokowi dalam keterangan persnya kepada awak media, Jumat (29/4/2022).

Kabar kehadian Putin untuk hadir, diperoleh Jokowi usai keduanya melakukan sambungan telepon. Selain memberi konfirmasi kehadiran, Jokowi juga menyampaikan agar Putin segera mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina.

"Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri. saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut," jelas Jokowi.

Kepada Jokowi, Putin mengaku tengah mengusahakan hal tersebut. Menurut Putin, proses negoisasi terus dilakukan antara kedua pihak.

"Perbincangan bertelepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina," Jokowi menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.