Sukses

Potret Syahdu Prajurit TNI Rayakan Idul Fitri di Wilayah Konflik Kongo

Meski tengah menjalankan tugas negara di wilayah konflik, momen perayaan Idul Fitri para prajurit TNI dilakukan dengan penuh suka cita.

Liputan6.com, Jakarta Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco yang sedang bertugas di daerah konflik Republik Demokratik Kongo, Afrika, merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita.

Karena untuk tahun ini para Pasukan Garuda tersebut merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan suasana berbeda, jauh dari keluarga dan kampung halaman.

Meski jauh dari kampung halaman, semua terobati dengan hidangan para chef yang khas Indonesia saat momen Lebaran tiba. Salah satunya ketupat sayur, opor ayam, sate ayam, dan masih banyak lagi. 

"Kita di sini keluarga, jangan pernah merasa sendiri. Kita harus tetap semangat hingga masa penugasan ini berakhir dan kembali ke Tanah Air," ucap Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-S Monusco, Letkol Czi Bambang Santoso. 

Selain itu, kerinduan akan keluarga juga terobati dengan bisa berkomunikasi langsung dengan orangtua di Tanah Air. Salah satunya seperti yang dirasakan Pratu Nanda Eka. 

"Sebagai prajurit saya bangga punya masa muda hebat yang belum tentu dimiliki orang lain, yakni menjaga perdamaian untuk nama besar Indonesia dan Dunia," katanya usai melakukan video call dengan kedua orangtuanya.  

Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M dirayakan di Bumi Nusantara Camp dengan mengundang para kontingen tetangga, seperti Tentara dari Negara Tanzania, Bangladesh, Nepal dan Afrika Selatan. Hal ini untuk mempererat kerja sama antar negara dan menjaga silaturahmi.

Dengan hikmah Idul Fitri, para Pasukan Garuda juga berharap dapat menjalankan tugas dengan semangat dan selalu bersyukur. Karena lewat doa yang terus dipanjatkan oleh orang-orang yang mencintai, mereka akan kembali ke Tanah Air dengan selamat, aman dan berhasil.

Berikut sederet momen penuh suka cita yang dirasakan Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco saat Hari Raya Idul Fitri di Kongo, Afrika yang dirangkum Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco melakukan sholat berjamaah bersama.

3 dari 5 halaman

Dengan penuh kerendahan hati, para pasukan Garuda memanjatkan doa kepada Allah SWT di hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri.

4 dari 5 halaman

Meski jauh dari kampung halaman, semua terobati dengan hidangan khas Lebaran. Salah satunya ketupat sayur dan opor ayam.

5 dari 5 halaman

Momen para prajurit TNI saling mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita di Bumi Nusantara Camp. Kontingen Garuda turut mengundang para kontingen tetangga, seperti tentara dari Negara Tanzania dan Bangladesh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.