Sukses

Penjelasan Dishub DKI Soal Anggaran Rp3,9 Miliar Untuk Jasa Event Organizer di Acara Mudik Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, angkat bicara mengenai biaya jasa event organizer acara mudik dan balik gratis angkutan Lebaran Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 sebesar Rp3,9 miliar. Kata Syafrin besaran anggaran itu tidak hanya untuk acara seremonial.

Namun anggaran itu untuk rangkaian penyelenggaraan mudik gratis, mulai dari persiapan kegiatan, pelaksanaan pelayanan mudik hingga pelaksanaan pelayanan arus balik ke Jakarta.

"Bahwa anggaran tersebut adalah anggaran yang diperuntukkan untuk anggaran mudik gratis tahun 2020, yang hingga tahun 2021 tidak dilaksanakan. Baru di tahun 2022 kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran yang tetap (Rp3,9 miliar). Jadi tidak ada penambahan anggaran," kata Syafrin, dalam keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Lanjut dia, dalam anggaran Rp 3,9 miliar itu digunakan untuk tujuh kegiatan. Yakni sosialiasi kegiatan yang tersebar di 13 titik, cek kesehatan pengemudi baik keberangkatan dan kepulangan di titik-titik keberangkatan dan kepulangan, serta registrasi peserta mudik di enam lokasi oleh petugas.

Lalu ada persiapan pemberangkatan enam titik baik dari motor sampai bus, administrasi mulai dari persiapan sampai pelaporan kegiatan, kedatangan bus dan truk balik, termasuk pengangkutan motor pemudik ke truk oleh petugas, snack untuk peserta, dan lain sebagainya.

"Kami membuka pintu seluas-luasnya terkait informasi apa pun untuk teman-teman partai politik maupun media untuk kutipan data yang akurat, sehingga tidak lagi terjadi kesalahan kutipan ataupun penulisan," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Kirim Ratusan Sepeda Motor

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan ratusan sepeda motor milik pemudik telah dikirimkan ke 7 kabupaten/kota tujuan mudik Lebaran 2022. Kata dia, pengiriman tersebut merupakan bagian dari program mudik gratis dari Pemprov DKI.

"Kegiatan arus mudik dan arus balik 2022 untuk arus mudik diberangkatkan 18 truk dengan mengangkut 492 sepeda motor dari terminal Pulogadung dan telah diberangkatkan pada 26 April 2022," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (28/4/2022).

Kata Syafrin, kabupaten/kota tujuan pengiriman sepeda motor yaitu Semarang, Kebumen, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Jombang, dan Malang. Sedangkan untuk peserta mudik telah diberangkatkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebanyak 292 bus pengangkut atau 11 ribu peserta dari Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur.

"Daerah tujuan keberangkatan mudik dan balik gratis, angkutan bus penumpang dari terminal pulogebang sebanyak 17 kota di 5 provinsi," jelas dia.

3 dari 3 halaman

85,5 Juta Orang Mudik

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sekitar 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Jumlah tersebut didominasi oleh para pemudik dengan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 23 juta. Kemudian sepeda motor sebanyak 11 juta dan sisanya menggunakan transportasi umum.

Juru bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati menyatakan prediksi jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan dengan mudik Lebaran 2019. Lalu ada peningkatan 100an persen dengan Lebaran 2021. Dari jumlah tersebut 70 persen mobilitas pemudik yaitu di Pulau Jawa.

"Tujuan mudik utamanya memang itu Jawa Tengah kemudian Jawa Timur Jawa Barat non Bodebek dan DI Yogyakarta. Selanjutnya diikuti di daerah lain di luar Jawa. Kalau asal pemudik memang terbesar dari Jawa Timur bisa ke arah barat ke Jawa Tengah dan keluar pulau Jawa," kata Adita kepada Liputan6.com.