Sukses

Mengenal Sosok Luca Marini Adik Valentino Rossi, Pembalap MotoGP

Meski nama besar sang kakak kerap membayanginya, namun Luca Marini mengaku dirinya mempunyai kemampuan yang tak kalah dimiliki oleh Valentino Rossi dalam MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta Buah tak jatuh dari pohonnya. Peribahasa ini sangat pas jika disematkan pada sosok pembalap muda MotoGP yang belum lama ini ikut berlaga di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia tak lain adik dari legenda MotoGP Valentino Rossi, Luca Marini.

Meski nama besar sang kakak kerap membayanginya, namun Luca mengaku mempunyai kemampuan yang tak kalah hebat dari Valentino Rossi. Dia mengatakan mereka yang skeptis harus mengenal dirinya lebih dulu.

"Itu benar, ada banyak orang yang skeptis terhadap saya, saya mengatakan kalau mereka harus mengenal saya,dan berbicara kepada saya," katanya LucaM Marini seperti dikutip dari GPOne, Minggu, 27 Februari 2022.

Jika demikian, seperti apa jejak rekam dan sosok adik Valentino Rossi ini di tengah kariernya sebagai pembalap MotoGP?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tergabung dengan Mooney VR46 Team

Pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika hari kedua, Luca Marini berhasil mencatatkan waktu 1 menit 31,289 detik. 

Saat ini, Luca tergabung dengan Mooney VR46 Team yang digadang-gadang akan menjadi penerus dari sang kakak di ajang Balapan.

3 dari 5 halaman

2. Adik Tiri

Luca Marini lahir dari ibu yang sama dengan Valentino Rossi yang bernama Stefania Palma. Namun, mereka mempunyai ayah yang berbeda. Jika bapak dari Valentino Rossi bernama Graziano Rossi maka Luca Marini memiliki bapak bernama Massimo Marini. 

Tidak heran, nama belakang keduanya mengikuti nama bapak kandung mereka. Keduanya terpaut usia 18 tahun. Pada saat Luca Marini baru berusia 3 tahun, Valentino Rossi sudah memulai debutnya di kelas balap utama MotoGP. 

4 dari 5 halaman

3. Awal Karier

Luca Marini memulai debut profesionalnya pada Moto3 San Marino pada tahun 2013. Awalnya, Luca Marini dilarang untuk terjun ke dunia balap seperti Valentino Rossi. Tetapi ketika menginjak usia 7 tahun Luca diajak ibunya menonton pertandingan balap dan dia sangat antusias menonton pertandingan tersebut. 

Melihat antusias tersebut, Luca Marini diberikan izin oleh sang ibu untuk terjun ke dunia balap mengikuti jejak kakaknya Valentino Rossi.

Sayangnya, Luca gagal menyelesaikan balapan, dia menggunakan nomor 97 sesuai dengan tahun kelahirannya. Tahun 2015, Luca Marini kembali mendapatkan kesepatan untuk menjadi pembalap tamu di kelas Moto2 bersama tim Pons Racing Junior, dan dia berhasil menyelesaikan balapan di urutan 21. 

Berlanjut di tahun 2020, Luca Marini berhasil untuk memperlihatkan penampilan baiknya dan semakin dikenal sebagai pembalap hebat untuk kelas MotoGP. 

5 dari 5 halaman

4. Tes Pramusim MotoGP Berada di Peringkat 4

Hasil Tes Pramusim MotoGP Luca MariniHasil tes pramusim MotoGP Luca Marini sangat menyorot perhatian, pasalnya Luca berhasil mengungguli juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo yang berada di peringkat ke-4 tercepat. 

Dia juga berhasil mengalahkan juara MotoGP 6 kali, Marc Marquez hanya berada di posisi ke-2 tepai di bawah Luca Marini hanya berbeda 0.192 detik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.