Sukses

Cuaca Buruk Ancam Presiden Jokowi Saat Berkemah di IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkunjung di Titik Nol Ibu Kota atau IKN Nusantara hari ini, Senin (14/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkunjung di Titik Nol Ibu Kota atau IKN Nusantara hari ini, Senin (14/3/2022).

Menurut keterangan Istana, Jokowi akan tinggal di tenda sederhana untuk beristirahat pada malam harinya.

Terkait ancaman keamanan, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso mengatakan ancaman cuaca buruk adalah hal paling dikhawatirkan. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir, titik kunjungan presiden kerap dilanda hujan dan akibat medan yang masih berupa tanah juga lereng berbukit maka akan berbahaya jika kurang berhati-hati saat melangkah.

"Cuaca tidak menentu, seperti beberapa hari ini hujan tapi sore ini cerah. Kami berharap pada kegiatan di IKN ini cuaca juga bisa cerah," kata Teguh dalam keterangan pers diterima, Senin (14/3/2022).

Selain ancaman cuaca, ancaman lain juga sudah diperhitungkan oleh Jenderal TNI Bintang Dua ini. Dia pun mengerahkan total 2.064 anggota gabungan TNI, Polri dan Pemda setempat untuk bersiaga.

"Kami sudah gelar pasukan pengamanan bersama Pak Kapolda Kalimantan Timur, jumlah keseluruhan pasukan adalah 2.064 orang, terdiri dari TNI, kepolisian dan pemda," jelas dia.

Teguh menambahkan, ribuan pasukan akan mengawal presiden dan juga rombongan mulai dari tempat menginap sang kepala negara di Balikpapan hingga tempat bermalam selanjutnya di Titik Nol Ibu Kota Nusantara.

Pengamanan pun terbagi tiga konsentrasi, pada Ring 1 Presiden akan dikawal ketat oleh Paspampres, kemudian pada Ring 2 dan 3 pengamanan akan dilakukan dari kami unsur kewilayahan yaitu TNI, Polri dan Pemda setempat.

"Seluruh kemungkinan sudah kami antisipasi, mulai dari keberangkatan sampai dengan nantinya di lokasi, Semoga kunjungan ini bisa aman lancar dan nyaman sampai Pak Presiden kembali ke Jakarta," kata Teguh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fogging sampai Anti Bisa Ular Disiapkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jokowi rencananya ditemani lima gubernur se-Kalimantan, Senin (14/3/2022).

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan beberapa tim paspampres sudah bersiap di sana.

Dia menjelaskan timnya sudah melakukan pencegahan. Mulai dari lokasi yang akan ditempati Jokowi berkemah juga sudah dilakukan penyemprotan fogging untuk mencegah malaria. Tak lupa para tim sudah melakukan swab untuk memastikan kesehatan mereka sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita sudah melaksanakan pencegahan malaria, sudah di fogging yang ada di sana keamanan lainnya yaitu di sekitar tenda-tenda di sekitaran vvip," kata Tri Budi Utomo dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan garam hingga bisa anti ular. Hal itu disiapkan untuk mencegah munculnya binatang di lokasi kemah Jokowi.

"Garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu kita siapkan bisa anti ular, mudah-mudahan berguna tapi semoga tidak terpakai," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.