Sukses

3 Hal yang Disampaikan Jokowi saat Tinjau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa 8 Maret 2022 meninjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa 8 Maret 2022 meninjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Tak sendiri, Jokowi juga turut didampingi Duta Besar Jepang untuk RI dan Menteri Perhubungan, serta Menteri Sekretaris Kabinet.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan dirinya senang semenjak Pelabuhan Patimban beroperasi 3 bulan lalu, kinerja ekspor mobil berjalan baik.

"Sudah sejak Desember yang lalu, 3 bulan yang lalu beroperasi dan saya senang setelah operasi ekspor mobil dari pelabuhan Patimban terus bergerak," ujar Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 8 Maret 2022.

Selain itu, Jokowi menyebut, pemerintah merencanakan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Jawa Barat sebanyak 160.000 unit pada 2022. Namun kini target ekspor mobil di Pelabuhan Patimban ditingkatkan menjadi 180.000 unit.

Berikut 3 hal yang disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Senang Ekspor Mobil dari Pelabuhan Patimban Terus Naik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, didampingi Duta Besar Jepang untuk RI, dan Menteri Perhubungan, serta Menteri Sekretaris Kabinet, Selasa 8 Maret 2022.

Jokowi mengungkapkan dirinya senang semenjak Pelabuhan Patimban beroperasi 3 bulan lalu, kinerja ekspor mobil berjalan baik.

"Sudah sejak Desember yang lalu, 3 bulan yang lalu beroperasi dan saya senang setelah operasi ekspor mobil dari pelabuhan Patimban terus bergerak," kata Jokowi.

 

3 dari 5 halaman

2. Targetkan Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Naik Jadi 180.000 Unit

Sebelumnya, menurut Jokowi, Pemerintah menargetkan di tahun 2022 ini bisa mengekspor sebanyak 160 ribu mobil melalui Pelabuhan Patimban ini. Namun, kata dia, dilihat dari kinerjanya yang positif, maka Pemerintah optimis Indonesia bisa ekspor hingga 180 ribu mobil.

"Melihat progress 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180.000 mobil untuk ekspor ke Philipina, Brunei, Jepang dan juga ke Vietnam. Ini saya kira awal nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain," ucap Jokowi.

Menurut dia, negara yang menjadi target ekspor mobil Indonesia antara lain, Filipina, Brunei Darrussalam, Jepang, hingga Vietnam. Jokowi menyampaikan nantinya ekspor mobil akan dikembangkan ke negara-negara lain.

"Sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15.000 mobil dan ini akan sangat bagus," terang dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Pastikan Ekspor Tetap Berjalan Meski Pandemi

Jokowi meyakini ekspor di Indonesia akan tetap berjalan meski dihantam pandemi Covid-19. Sehingga, bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Artinya industri kita meskipun pandemi, tetap bergerak terus, meskipun pandemi kita juga tetap ekspor terus dan kita harapkan ini akan ikut memberikan sumbangan pada PE negara kita dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," jelas Jokowi.

5 dari 5 halaman

Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.