Sukses

Demo soal Aturan Toa Masjid, Kemenag: Gus Menteri Punya Niat Baik

Sejumlah ormas berunjuk rasa di Kantor Kementerian Agama pada Jumat, (4/3/2022). Unjuk rasa ini dilakukan sebagai buntut pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil soal toa masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ormas berunjuk rasa di Kantor Kementerian Agama pada Jumat, (4/3/2022). Unjuk rasa ini dilakukan, sebagai buntut pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas soal toa masjid. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin meminta pengunjuk rasa memahami dengan hati nurani soal pernyataan Menteri Yaqut, bahwa apa yang disampaikan mempunyai niat baik. 

"Pernyataan Gus Menteri sembari membaca secara utuh pernyataan Beliau, memahami konteks dan substansi surat edarannya, Insya Allah bisikan rohani kita akan berkata bahwa Gus Menteri punya niat baik," kata Kamaruddin dalam keterangan tertulis diterima, Jumat (4/3/2022).

Kamaruddin memastikan, Menteri Agama tidak ada maksud membandingkan antara suara azan dan gonggongan anjing. Sebab, Menag Yaqut memiliki latar belakang seorang santri yang tumbuh besar di pesantren tempaan almarhum sang ayah yang merupakan seorang ulama.

"Jadi tak mungkin melakukan seperti yang persepsikan itu. Atas nama kemaslahatan dan persaudaraan seiman dan setanah air janganlah kita mengamplifikasi, mengkapitalisasi, mengeksploitasi apalagi menuduhkan hal yang tidak sesuai dengan fakta," pinta Kamaruddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjuang untuk Kemaslahatan Umat

Kamaruddin meyakini, Menag Yaqut sedang berjuang dan bekerja keras untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Dia pun mengajak untuk semua pihak dapat membuka komunikasi dengan mengedepankan keadaban publik berbaik sangka dan saling menghargai.

"Mari merawat persaudaraan ke Islaman dan kebangsaan kita untuk mencari ridho Allah SWT, amin amin amin ya Allah," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.