Sukses

Rencana Relokasi Pasar Rembang Tuai Protes, PPP Akan Tegur Abdul Hafidz

Para pedagang terus melancarkan protes terkait rencana relokasi Pasar Rembang, Jawa Tengah. Pada Rabu (16/2/2022), Perkumpulan Pedagang Pasar Rembang (P3R) bertemu sejumlah fraksi partai politik di DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Para pedagang terus melancarkan protes terkait rencana relokasi Pasar Rembang, Jawa Tengah. Pada Rabu (16/2/2022), Perkumpulan Pedagang Pasar Rembang (P3R) bertemu sejumlah fraksi partai politik di DPR RI.

Usai bertemu Fraksi PKB, para perwakilan pedagang diterima Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di kantor DPP PPP, Jakarta. Sekjen PPP yang juga anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah III, Arwani Thomafi, memastikan akan menindaklanjuti keluhan pedagang.

Dalam waktu dekat, Arwani akan mengundang Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Seperti diketahui, Abdul Hafidz merupakan kader PPP.

"Saya akan tindaklanjuti dengan mengundang Pak Bupati dalam forum resmi, untuk mengecek tahapan-tahapan yang sudah dilalui," ucap Arwani di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Audiensi P3R di kantor DPP PPP turut didampingi Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. Burhanuddin memiliki kedekatan emosional dengan Pasar Rembang. Pasalnya, mendiang ayah Burhanuddin pernah menjadi ketua P3R.

Soal lokasi relokasi, Arwani menilai pemindahan sebaiknya dilakukan ke selatan, bukan ke Pasar Kambing. Karenanya, ia segera berkomunikasi dengan Bupati Rembang untuk menindaklanjuti permintaan para pedagang pasar. "Saya akan ingatkan beliau akan keluhan bapak dan ibu (pedagang Pasar Rembang), meski kebetulan beliau juga kader kami sendiri," ujar Arwani.

Menurut Arwani, pemindahan pasar harus disosialisasikan kepada para pedagang dan pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan. Upaya sosialisasi harus dilakukan terbuka. "Perubahan itu harus ke arah yang lebih baik," imbaunya.

Sementara Burhanuddin menyatakan, ikhtiar membantu para pedagang Pasar Rembang merupakan salah satu amanah yang dipesankan almarhum ayahnya sebelum wafat. Menurut Burhanuddin, ayahnya berharap pembangunan Pasar Rembang berjalan dengan baik, termasuk tidak merugikan pedagang pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menolak Relokasi

Perwakilan P3R Bayan menyatakan, para pedagang Pasar Rembang menolak relokasi dan pembangunan jika pemindahan justru berada di tempat yang sepi pengunjung dan tidak strategis. "Jangan kami dipindahkan ke Pasar Kambing, di sana sepi. Kami pernah dua tahunan di sana," kata Bayan.

P3R mengusulkan untuk bisa tetep menempati lokasi pasar yang akan dibangun. Jika direlokasi harus tetap dilakukan, pedagang meminta berlokasi ke selatan.

Seperti diketahui, rencana pemindahan Pasar Rembang ke lokasi bekas Pasar Kambing yang berada di sebelah barat pasar mendapatkan protes dari P3R. Ada 10 perwakilan P3R yang mendatangi Gedung DPR RI untuk bertemu dengan anggota parlemen, terutama mereka yang berasal dari Dapil Jateng III (Rembang, Pati, Blora, Grobogan).

Sebelum berdialog dengan Armani, perwakilan pedagang sempat berkomunikasi dengan Fraksi Partai Golkar DPR (Firman Soebagyo ), Fraksi Partai Demokrat DPR (Harmusa Oktaviani ), Fraksi PKB DPR (Daniel Djohan ), Fraksi Gerindra yang diwakili Sudewo. Para pedagang bahkan turut berdialog dengan Wakil Ketua MPR RI Fraksi Gerindra Ahmad Muzani.

"Alhamdulillah jauh-jauh dari Rembang kami diterima beliau-beliau dengan sangat baik, mendengarkan keluhan-keluhan kami rakyat yang kesusahan," kata perwakilan P3R Sri Astuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.