Sukses

Hanura Dukung PDIP yang Resmi Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres pada Pilpres 2024

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta mendukung keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden atau Capres 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta mendukung keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden atau Capres 2024.

Oso, sapaan akrabnya memastikan, Partai Hanura turut menjadi pengusung Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden atau Pilpres 2024.

"Hari ini, kita melihat Ibu Megawati, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mas Prananda Prabowo dan Mba Puan, mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (capres). Kehadiran Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo, memberi sinyal positif terhadap keberlangsungan program-program pembangunan ke depan," ujar Ketum Partai Hanura Oso melalui keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Dirinya meyakini, Ganjar akan melanjutkan berbagai program dan kebijakan pro rakyat, yang telah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi.

Karenanya, lanjut Oso, kehadiran dan penegasan sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam deklarasi tersebut, menjadi salah satu faktor pemberian dukungan terhadap pencapresan Ganjar.

"Deklarasi ini menjadi momentum sejarah, sekaligus kesinambungan arah pembangunan bangsa. Kami meyakini, keberlangsungan pembangunan di negara ini bisa terjamin," tegas Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2017-2019 ini.

Wakil Ketua MPR Periode 2014-2019 RI ini menambahkan deklarasi pencalonan Ganjar di tengah peringatan Hari Kartini, merupakan pilihan waktu yang tepat.

"Peringatan Hari Kartini menjadikan deklarasi tersebut sebagai momentum sejarah, sekaligus masa depan Bangsa Indonesia," jelas Oso.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Resmi Ditetapkan Jadi Capres PDIP

Sebelumnya, teka teki capres yang diusung PDIP kini terjawab sudah. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan nama Ganjar Pranowo untuk diusung maju sebagai Capres dalam Pilpres 2024.

Penetapan itu disampaikan Megawati dengan dihadiri langsung Ganjar Pranowo, sejumlah elite PDIP, dan juga Presiden Jokowi. Penetapan itu digelar di Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

"Pada hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non-diskriminatif setara dan dijamin oleh konstitusi negara maka pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia perjuangan," kata Megawati.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebelumnya menegaskan seluruh anggota dan kader bersikap bijak terhadap berbagai isu capres.

Hasto memita semua kader bersiap diri, sebab setiap saat Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Megawati Umumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP pada Hari Kartini

Megawati mengungkapkan sengaja memilih penetapan Ganjar sebagai capres PDIP pada Hari Kartini.

"Hari ini tepat tanggal 21 April 2023 bertepatan dengan hari Kartini Raden Ajeng Kartini oleh presiden Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan Nasional. Beliau sosok pembebas dan perempuan pelopor perjuangan kaum perempuan, bukan sekedar perjuangan emansipasi belaka. Bukan pula hanya sekedar politik afirmatif, namun menyangkut hal yang mendasar terkait dengan harkat dan martabat kaum perempuan," kata Megawati.

Sebab, kata Megawati, menurut Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban. Tanpa perempuan sebuah peradaban tidak akan maju.

"Karena dari sebuah pantun seperti burung garuda melayang ke angkasa dengan kepak dua sayapnya, sebelah kiri kanan adalah perempuan dan laki-laki. Kalau satu saja, maka burung garuda itu tidak bisa terbang ke angkasa," ujar Megawati.

"Oleh sebab itu, saya sengaja memilih tanggal 21 April ini untuk menyampaikan sebuah pengumuman penting yang saya ketahui telah sejak lama dinanti-nanti oleh seluruh rakyat Indonesia," Megawati menegaskan.

 

4 dari 4 halaman

Megawati Beri Tugas Khusus untuk Prananda dan Puan Maharani

Tak hanya memberikan mandat kepada Ganjar, Megawati juga memberikan tugas khusus kepada kedua anaknya Prananda Prabowo dan Puan Maharani selaku Ketua DPP PDIP.

"Saya menugaskan Mas Prananda Prabowo selaku Kepala Station Room dengan memberikan mandat untuk melakukan monitoring terhadap dinamika politik nasional," kata Megawati.

Prananda bakal ditugaskan untuk melakukan konsolidasi di internal partai dalam memenangkan pilpres dan pileg di Pemilu 2024.

"Bagaimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk pemilihan umum 2024," ujar Megawati.

Tugas khusus juga diberikan Megawati kepada Puan Maharani. Ketua DPR DI ini ditugaskan sebelumnnya untuk bertemu dengan Presiden Jokowi dan sejumlah ketua partai politik.

"Mba Puan Maharani ketua DPP bidang politik dan juga sekaligus Ketua DPR RI setelah sebelumnya saya memberi tugas untuk bertemu secara rutin Presiden Jokowi dan berdialog dengan ketua umum partai politik," tutur Megawati.

Dia juga meminta Puan membentuk tim yang akan difokuskan untuk memenangkan Pemilu 2024.

"Maka saya juga memberikan mandat penugasan kepada Mba Puan Maharabi untk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024," terang Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.