Sukses

7 Fakta Viral Kuli Bangunan Ditodong Pistol di Perumahan Mewah Pondok Indah

Seorang pria paruh baya menodongkan benda mirip pistol ke seorang kuli bangunan di sebuah rumah mewah kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video berdurasi 11 detik menggegerkan dunia maya. Bagaimana tidak, dalam video yang viral itu, terlihat seorang kuli bangunan ditodong dengan benda mirip pistol oleh pria paruh baya.

Diketahui aksi nekat pria tersebut dilakukan di perumahan mewah kawasan Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Menurut sang pengunggah, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, 12 Februari 2022, sekitar pukul 10.30 WIB.

"Seorang pria paruh baya menodongkan benda mirip pistol ke seorang kuli bangunan di sebuah rumah di kawasan perumahan mewah Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Sabtu (12/2/2022) sekitar pukul 10.30 WIB," tulis akun @merekamjakarta.

Sontak, aksi pria paruh baya tersebut membuat sang kuli bangunan ketakutan. Kini pria kobi paruh baya tersebut telah ditangkap jajaran Polda Metro Jaya.

Berikut deretan fakta seorang kuli bangunan ditodong benda mirip pistol oleh pria paruh baya di Pondok Indah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Viral di Instagram

Seorang pria paruh baya terlihat menodongkan benda mirip pistol ke kuli bangunan, viral di media sosial. Salah satu akun instagram membagikan rekaman berdurasi 11 detik. Terlihat peristiwa terjadi di sebuah rumah yang sedang proses renovasi.

Ketika itu, ada pria berkaos kuning berdiri sambil memegang benda mirip pistol. Benda itu diarahkan ke seorang pekerja. Entah apa yang dibicarakan, namun pekerja nampak ketakutan dan meminta pria paruh baya itu menghentikan aksinya.

3 dari 8 halaman

2. Pelaku Ditangkap

Sejak aksi koboi pria paruh baya itu viral di media sosial, polisi pun turun tangan. Pelaku akhirnya diringkus di kawasan Jakarta. Hal ini diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

"Iya (sudah ditangkap) di Jakarta," kata dia kepada wartawan Selasa (15/2/2022).

Terkait identitas pelaku dan motif di balik perbuatannya, Zulpan belum bersedia membebarkan secara rinci. Dia mengatakan, kasus ini akan dirilis pada Selasa siang.

"Saya membenarkan dulu, nanti untuk detilnya pas rilis ya," ujar dia.

4 dari 8 halaman

3. Terjadi di Sebuah Rumah Mewah

Pengunggah video turut memberikan keterangan bahwa video itu diambil di sebuah perumahan mewah Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu, 12 Februari, sekitar pukul 10.30 WIB.

"Seorang pria paruh baya menodongkan benda mirip pistol ke seorang kuli bangunan di sebuah rumah di kawasan perumahan mewah Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Sabtu, sekitar pukul 10.30 WIB," tulis akun @merekamjakarta.

5 dari 8 halaman

4. Motif Penodongan, Ganggu Zoom Meeting

Sosok pria belagak koboi itu pun terungkap. Dia adalah RPB yang tinggal berselebahan dengan rumah yang sedang dalam proses renovasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pihaknya telah menangkap dan memeriksa RPB. Berdasarkan pemeriksaan, aksi pelaku itu dilatarbelakangi karena pelaku kesal.

Ketika itu, pelaku sedang melakukan zoom meeting di ruang kerjanya merasa terganggu dengan suara bising yang berasal dari pekerjaan renovasi tetangganya.

"Akibat pekerjaan rumah tentunya mengeluarkan suara-suara cukup keras yaitu dengan mengetok tembok ini dirasa mengganggu daripada tersangka," kata dia di Polres Metro Jaksel, Selasa (15/2/2022).

6 dari 8 halaman

5. Kronologi

Peristiwa itu terjadi di Jalan kartika Utama BE Blok 10 No 97, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Sabtu, 12 Februari 2022 kemarin. 

Ketika itu, pelaku sedang melakukan zoom meeting di ruang kerja mendengar suara bising yang berasal dari tetangga.

"Pelaku terganggu dengan adanya suara ketok beton pada dinding yang memang tembok rumah mereka itu berdempetan," terang dia.

Zulpan menjelaskan, RPB ditemani sopirnya Trisno mendatangi rumah tetangganya tersebut. Ada seorang kuli yakni SES sedang bekerja. Sehingga menjadi sasaran kemarahan.

"Kebetulan korban bekerja di situ. Korban dua kali ditegur diminta untuk berhenti namun tidak diindahkan," ucap dia.

7 dari 8 halaman

6. Acungkan Airsoft Gun Jenis Glock 17

Zulpan mengatakan, pelaku menyiramkan segelas air teh dan mengacungkan airsoft gun jenis glock 17. 

"Tersangka melihat gelas teh berisi air disiram ke muka korban, kemudian tersangka menodongkan senjata airsoftgun sambil berkata 'daripada ini dengkul kena atau kaki yang kena' sambil menodongkan," ujar Zulpan.

Akibat kejadian itu, korban mengalami trauma dan berhenti melakukan aktivitasnya.

"Korban ketakutan karena senjata mirip dengan asli sehingga korban takut dan berhenti," jelas Zulpan.

8 dari 8 halaman

7. Ditetapkan Tersangka

Atas perbuatannya, RPB telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dikenakan Pasal 335 KUHP dengan ancaman 1 tahun kurungan penjara.

Polisi turut menyita air softgun yang digunakan tersangka saat menakut-nakuti korban beserta 20 butir peluru sebagai barang bukti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.