Sukses

Ganjar Pranowo Wujudkan Keinginan Warga Desa Dapat Air Bersih

Ganjar Pranowo ikut senang karena warga Desa Sugihmas kini bisa mendapatkan air bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mewujudkan aspirasi soal penyediaan air bersih bagi warga Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Di bawah pengawalan Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemkab Magelang dan anggaran Dana Desa bergerak membangun saluran air bersih di Desa Sugihmas.

Proyek pembangunan saluran air bersih ini telah selesai pada Agustus 2021 lalu. Kini, Agus dan warga lainnya di Desa Sugihmas ini bisa menikmati air bersih.

Ganjar Pranowo ikut senang karena warga Desa Sugihmas kini bisa mendapatkan air bersih. Bahkan, dia mengecek langsung tandon penampungan air hingga panel surya penggerak pompa air yang dibangun dari bantuan Pemprov Jateng.

"Wah ini yang diusulkan dulu ya, alhamdulillah sudah selesai. Jadi warga sudah aman ya untuk persoalan air," tanya Ganjar dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Di rumah seorang warga Desa Sugihmas, Ganjar Pranowo tampak ikut senang melihat air langsung mengalir deras saat Ganjar Pranowo memutar tuas keran.

"Iya, saya ingat saya ke sini tahun 2018. Waktu itu disambati warga karena daerah ini sulit sekali air. Kita coba berikhtiar, dan menemukan sumber air ada di desa bawah," kata Ganjar Pranowo.

Proses penyediaan air dilakukan dengan menyedot air dari desa bawah ke atas menggunakan mesin. Ada tiga tandon yang berperan untuk menampung air.

"Ini efortnya luar biasa, karena harus ada tiga tandon. Air dari bawah dipompa naik ke tandon satu, dipompa lagi ke tandon dua dan dipompa ke tandon terakhir. Setelah itu, baru air bisa disalurkan ke warga," ungkap Ganjar Pranowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

500 KK Pasang Instalasi Air

Meski lama dan cukup rumit, namun ikhtiar itu kini membuahkan hasil. Keberhasilan ini tentunya membuat Ganjar sangat senang, karena warga sudah tidak perlu repot mengambilr air dari sungai menggunakan derigen.

"Kalau dulu harus angkat-angkat derigen dari sungai, apalagi kalau kemarau itu sulit betul. InsyaAllah mulai sekarang sudah terpenuhi. Sejak 2018 diusulkan kemudian kita berikhtiar dan sekarang warga bisa mendapat manfaat," ungkap Ganjar Pranowo.

Kades Sugihmas, Srianto mengungkapkan sejak dulu desanya memang kesulitan air bersih. Jika musim kemarau, mereka harus mengambil air jauh dari desa.

"Maka, kami (mengucapkan) terimakasih pada pak Ganjar karena telah membantu warga kami dengan bantuan ini. Sekarang sudah lebih dari 500 kepala keluarga yang sudah memasang air bersih ini. Kami kenakan tarif cukup murah, yakni Rp1000 perkubik dan abodemen Rp1000," ungkap Kepala Desa Sugihmas, Srianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.