Sukses

Sinopsis Film Penyalin Cahaya yang Berhasil Menyabet 12 Piala Citra

Liputan6.com, Jakarta - Film Penyalin Cahaya belakangan ini menyedot perhatian publik. Bagaimana tidak, film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini pertama kali ditayangkan di Busan International Film Festival (BIFF) 2021 pada Oktober 2021 lalu.

Tak hanya itu film Penyalin Cahaya juga telah memboyong setidaknya 12 Piala Citra.

Lantas, seperti apakah sinopsi film Penyalin Cahaya itu? Penyalin Cahaya adalah sebuah film drama thriller misteri Indonesia tahun 2021 produksi kerja sama Rekata Studio dan Kaninga Pictures.

Film tersebut diperankan oleh Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama, di mana ia memerankan tokoh bernama Sur.

Selain Shenina Cinnamon, film ini juga dibintangi oleh Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Dea Panendra, dan Giulio Parengkuan.

Penyalin Cahaya menceritakan perjuangan Sur (Shenina Cinnamon) yang mencari keadilan atas kasus penyebaran foto dirinya saat mabuk. Berikut sinopsis lengkapnya:

 

2 dari 3 halaman

Berawal dari Pesta

Penyalin Cahaya berkisah tentang seorang mahasiswi universitas tahun pertama, Sur. Suatu hari Sur pergi ke pesta untuk pertama kali dalam hidupnya untuk merayakan kemenangan Mata Hari, grup teater universitas tempat Sur menjadi sukarelawan sebagai perancang web.

Hidup Sur benar-benar berubah setelah dia bangun dari pesta itu pada keesokan paginya. Dia kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya setelah selfie-nya saat mabuk beredar secara online.

Khawatir bahwa dia mungkin menjadi korban perpeloncoan oleh anggota senior Mata Hari, Sur mencari bantuan dari teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus.

Bersama-sama, di toko itu mereka mencoba menemukan kebenaran tentang selfie dan tentang malam pada pesta tersebut dengan meretas ponsel para mahasiswa.

 

3 dari 3 halaman

Berhasil Borong 12 Piala Citra

Film Penyalin Cahaya memecahkan rekor sebagai film peraih Citra terbanyak sepanjang sejarah sinema Indonesia, dengan 12 piala.

Penyalin Cahaya juga meraih jumlah nominasi terbanyak, yakni 17 nominasi. Penyalin Cahaya dan Perempuan Tanah Jahanam adalah film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah.

Sederet kategori yang berhasil raih piala Festival Film Indonesia 2021 adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Kemudian Penulis Skenario Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.