Sukses

Barcelona Atur Strategi di Bursa Transfer Pemain Januari 2022

Barcelona saat ini sedang bernegosiasi dengan Ousmane Dembele dan agennya yang masih belum melunak dengan permintaan gaji.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona saat ini sedang bernegosiasi dengan Ousmane Dembele dan agennya yang masih belum melunak dengan permintaan gaji.

Barcelona pun yakin Ousmane Dembele akan menandatangani kontrak baru di klub dan kesepakatan itu akan membantu mengosongkan ruang untuk transfer pemain di bulan Januari.

Dilansir dari laman The Mirror, Senin 3 Januari 2022, bos klub Xavi Hernandez ingin pemain Prancis itu memperpanjang masa tinggalnya di Camp Nou.

Pasalnya Xavi mengungkapkan kesukaannya dengan gaya main Dembele. Dia pun berusaha sekuat tenaga agar Dembele tak kemana-mana.

Meski begitu, negoisasi antara Barcelona, Ousmane Dembele dan agennya berjalan mandek. Barcelona pun terpaksa memberi ultimatum untuk sang pemain.

"Kami terus berbicara dengan agen pemain. Mereka tahu situasi dengan baik dan kami sudah sangat sabar," ujar Direktur Sepak Bola, Mateu Alemany.

Sementara itu, di sisi lain, transfer Alvaro Morata ke Barcelona akan melibatkan setidaknya empat pihak. Selain Barcelona, peminjaman Morata juga akan melibatkan Atletico Madrid dan Juventus.

Berikut strartegi Barcelona di bursa transfer pemain pada Januari 2022 ini dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ousmane Dembele

Barcelona yakin bahwa Ousmane Dembele akan menandatangani kontrak baru di klub dan kesepakatan itu akan membantu mengosongkan ruang untuk transfer pemain di bulan Januari.

Dilansir dari laman The Mirror, Senin 3 Januari 2021, bos klub Xavi Hernandez ingin pemain Prancis itu memperpanjang masa tinggalnya di Camp Nou.

FC Barcelona telah menyelesaikan penandatanganan kontrak Ferran Torres dari Manchester City dengan biaya awal sebesar £ 46 juta, dengan potensi tambahan yang berarti kesepakatan bisa meningkat menjadi £ 54 juta.

Ousmane Dembele hanya memiliki lima bulan tersisa untuk menjalankan kontraknya saat ini di Nou Camp dan dapat meninggalkan klub tersebut pada Juni mendatang, sementara dia saat ini memiliki hak untuk berbicara dengan klub lain dan mengatur perjanjian pra-kontrak.

Pemain berusia 24 tahun itu mengalami empat musim yang dilanda cedera di Blaugrana. Barca telah menawarkan Dembele kontrak baru dengan persyaratan yang dikurangi tetapi perwakilan pemain belum memberikan tanggapan positif terhadap proposal tersebut dan masa depannya mungkin sekarang jauh dari klub.

Namun, Xavi tetap optimis bahwa pemain akan menyetujui kontrak baru di klub tersebut dan pengurangan masa kontraknya akan membantu membebaskan gaji klub untuk terus berinvestasi pada Januari.

Dia berkomentar tentang situasi kontrak pemain depan. "Saya tidak kecewa. Ini negosiasi. Terkadang penasihat dan agen bisa jadi sulit. Tapi posisi Barca jelas dan prosesnya sedang berlangsung," ungkap Xavi.

Sementara itu, Xavi sudah mengungkapkan kesukaannya dengan gaya main Dembele. Dia pun berusaha sekuat tenaga agar winger asal Prancis itu tak kemana-mana.

Meski begitu, negoisasi antara Barcelona, Ousmane Dembele dan agennya berjalan mandek. Barcelona pun terpaksa memberi ultimatum untuk sang pemain.

Seperti dilansir Marca, Barcelona sudah memberikan penawaran terakhir kepada Dembele. Barca yakin ini tawaran paling bagus dan ogah lagi menambahnya.

"Kami terus berbicara dengan agen pemain. Mereka tahu situasi dengan baik dan kami sudah sangat sabar," ujar Direktur Sepak Bola, Mateu Alemany.

Kalau Dembele tetap menolak, Barcelona akan ambil keputusan tegas untuk menjualnya. Barca ogah melepasnya dengan gratis musim depan.

Barcelona juga bisa mendapatkan dana segar dari penjualan Dembele. Dan tentunya pengeluaran gaji klub pun akan berkurang.

Barcelona bergerak cepat untuk mengatur jual beli pemain. Maklum, Barca butuh kecepatan agar Ferran Torres bisa segera didaftarkan di La Liga.

Kalau Dembele bertahan, Barcelona tetap bisa daftarkan Torres karena sudah disesuaikan gajinya. Kalau tidak bertahan, itu bakal lebih baik karena akan membuka ruang besar untuk mendaftarkan Torres.

 

3 dari 4 halaman

2. Alvaro Morata

Transfer Alvaro Morata ke Barcelona akan melibatkan setidaknya empat pihak. Selain Barcelona, peminjaman Morata juga akan melibatkan Atletico Madrid dan Juventus.

Transfer Morata ke Barcelona ergolong unik. Dia pun sudah mondar mandir di klub besar Eropa.

Kalau rampung, Barcelona bakal menjadi enam klub besar yang pernah dibela striker asal Spanyol ini. Sebelumnya, dia membela Real Madrid, Juventus (2 kali), Atletico Madrid dan juga Chelsea.

Seperti dilansir Marca, transfer Morata ke Barcelona juga bisa libatkan PSG. Kalau setuju melepas Mauro Icardi ke Juventus, jalan mulus Morata ke Barcelona bisa tercapai.

Juventus dan Barcelona dalam kondisi keuangan yang sulit. Meski begitu, Juventus ogah melepas Alvaro Morata kalau tidak ada pemain pengganti.

Alvaro Morata paling mungkin dipinjam hingga akhir musim. Setelah itu, kalau cocok, Barcelona bisa membelinya dari Atletico Madrid di akhir musim.

Urusan dengan Atletico Madrid bisa lebih mudah dan murah. Soalnya Morata bisa dijadikan bagian dari penjualan Antoine Griezmann.

Kini, Barcelona juga dipusingkan untuk segera melepas pemain. Beberapa pemain harus siap angkat kaki agar beban gaji berkurang.

Barcelona setidaknya bakal mendatangkan dua pemain di bursa transfer Januari. Namun hingga awal Januari, belum ada tanda-tanda siapa pemain yang akan dilepas.

Beberapa pemain seperti Samuel Umtiti, Philippe Coutinho dan Luuk de Jong dikabarkan bakal dilepas. Memphis Depay pun dikabarkan akan dipinjamkan ke Juventus.

4 dari 4 halaman

Formasi Barcelona Tanpa Neymar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.