Sukses

KPK Siapkan 4 Fokus Isu Prioritas untuk 2022 Mendatang

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut pihaknya sudah menyiapkan 4 isu prioritas dalam menyongsong 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut, pihaknya sudah menyiapkan empat isu prioritas dalam menyongsong 2022 mendatang.

Firli menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021). Hadir dalam acara itu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pada tahun 2022, KPK akan mendorong empat isu prioritas," ujar Firli, Kamis (9/12/2021).

Keempat isu prioritas yang menjadi fokus KPK pada 2022 yakni peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi, partispasi publik, dan pendidikan antikorupsi, pengawasan profesional enablers dalam tindak pidana pencucian uang.

"Dan korupsi di sektor renewable energy," kata Firli.

Dia menjelaskan, keempat isu prioritas itu dipilih dan disusun KPK setelah serangkaian diskusi dalam menjaring masukan dari berbagai pihak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibawa ke G-20

Firli mengatakan, empat isu prioritas tersebut akan dibawa KPK dalam pertemuan-pertemuan Anti-Corruption Working Group (ACWG) G-20 (Group Twenty).

Dalam pertemuan-pertemuan ACWG G-20 akan melibatkan kementerian atau lembaga terkait, aparat penegak hukum, perwakilan masyarakat sipil, akademisi, dan organisasi internasional. Menurut Firli, tahun ini Indonesia diberikan kesempatan menjadi Presidensi G-20.

"Indonesia juga telah menggandeng Australia untuk memegang keketuaan bersama G-20 ACWG tahun 2022," jelas Firli.

3 dari 3 halaman

OTT KPK Era Firli Bahuri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.