Sukses

4 Penjelasan PVMBG soal Peringatan Dini sebelum Gunung Semeru Meletus

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengaku sudah mengeluarkan peringatan dini sebelum Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengaku sudah mengeluarkan peringatan dini sebelum Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021.

Peringatan dini tersebut, menurut PVMBG telah dikeluarkan bersamaan dengan 69 gunung api aktif lainnya.

"Peringatan dini untuk bahaya erupsi gunung api sudah dilakukan bukan hanya di Semeru, tetapi juga di 69 gunung api aktif yang dipantau oleh PVMBG melalui pemasangan peralatan pemantauan, serta pengamatan visual selama 24 jam," tulis PVMBG dalam akunnya @PVMBG yang dikutip Minggu 5 Desember 2021.

Hal serupa juga ditegaskan langsung Kepala PVMBG Andiani. Dia menjelaskan, adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru sejak 1 Desember 2021. Yaitu berupa guguran ataupun awan panas.

"Dan ini sudah kami sampaikan kepada stakeholder di daerah melalui WA group," kata Andiani dalam konferensi pers.

Berikut sederet penjelasan PVMBG soal peringatan dini sebelum Gunung Semeru meletus dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dikeluarkan Berbarengan 69 Gunung Aktif Lainnya

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan telah mengeluarkan peringatan dini sebelum Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021. Peringatan itu dikeluarkan bersamaan dengan 69 gunung api aktif lainnya.

"Peringatan Dini untuk bahaya erupsi gunung api sudah dilakukan bukan hanya di Semeru, tetapi juga di 69 gunung api aktif yang dipantau oleh PVMBG melalui pemasangan peralatan pemantauan, serta pengamatan visual selama 24 jam," tulis PVMBG dalam akunnya, @PVMBG yang dikutip Minggu 5 Desember 2021.

PVMBG melanjutkan, pada 2 Desember, Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru sudah mengeluarkan peringatan agar masyarakat tidak beraktivitas di sekitar Besuk Kobokan, Bessuk Kembar, Besuk Bang, dan Besuk sarat, untuk mengantisipasi kejadian guguran/awan panas guguran.

"Aktivitas Gunung Semeru selalu diinfokan melalui WAG yang terdiri dari unsur masyarakat, Pemda, BPBD, relawan, dan instansi terkait lainnya, termasuk kejadian guguran lava pada 1 Desember," tulis PVMBG.

 

3 dari 6 halaman

2. Sudah Disampaikan Sejak 1 Desember 2021 dan Melalui WA Group

Kepala PVMBG Andiani menyatakan early warning system atau sistem peringatan dini di kawasan Gunung Semeru sudah berjalan.

Berdasarkan kronologi, Andiani menyatakan adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru sejak 1 Desember 2021. Yaitu berupa guguran ataupun awan panas.

"Dan ini sudah kami sampaikan kepada stakeholder di daerah melalui WA group," kata Andiani dalam konferensi pers.

 

4 dari 6 halaman

3. Sudah Kirim Surat

Selain itu, lanjut Andiani, pihaknya juga telah bersurat kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada 2 Desember 2021.

Surat tersebut yaitu terkait kondisi terkini terkait peningkatan aktivitas Gunung Semeru.

"Pada tanggal 2 Desember juga sudah mengeluarkan surat kepada Gubernur dan Bapak Bupati Lumajang mengenai kondisi kekinian dan imbauan yang kami sampaikan pada surat tersebut," papar Andiani.

 

5 dari 6 halaman

4. Jelaskan soal Awan Panas

Andiani juga menjelaskan awan panas dan guguran pada 1 Desember 2021 memiliki jarak luncur 1.700 meter dari puncak, atau 700 meter dari ujung aliran lava, dengan arah luncuran ke tenggara.

Setelah kejadian awan panas guguran terjadi, guguran lava dengan jarak dan arah luncur tidak teramati. Kemudian pada 4 Desember 2021 mulai pukul 13.30 WIB terekam getaran banjir.

Selanjutnya pada pukul 14.50 WIB teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 4 km dari puncak atau 2 kilometer dari ujung aliran lava ke arah tenggara atau ke Besuk Kobokan.

Andiani juga menyatakan pemantauan aktivitas Gunung Semeru selalu dilakukan selama 24 jam dan selalu dilaporkan setiap enam jam sekali.

 

*** Judul berita ini telah mengalami perubahan karena kekeliruan redaksi. Kami memohon maaf atas kekeliruan tersebut.

6 dari 6 halaman

Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.